Salat Idulfitri 1445/2024, Kepala Kemenag Kota Cirebon Ajak Perkukuh Persatuan Pasca Pemilu

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Ratusan warga Kota Cirebon berkumpul di Masjid Raya Attaqwa Kota Cirebon untuk melaksanakan Salat Id pada Rabu (10/4/2024). Sejak pukul 05.30 mereka telah berdatangan dan memenuhi halaman masjid dan Alun-Alun Kejaksan. Pada momen ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang bertindak selaku khatib mengajak jamaah untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan pasca pemilu. 

"Kita memiliki nilai-nilai luhur yang dapat mengantarkan kita ke cita-cita Proklamasi. Nilai-nilai inilah yang membentuk kepribadian masyarakat. Mari kita jadikan Idulfitri sebagai momentum membina dna memperkukuh ikatan dan persatuan kita, menyatupadukan kasih sayang antara kita semua sebangsa dan setanah air pasca pemilu," ucapnya. 

Khuailid pun menyampaikan betapa ibadah Ramadan yang telah dijalani merupakan momen bagi umat Islam menenun pakaian takwa dengan nilai-nilai luhur. Nilai yang bersumber dari ajaran agama dan budaya bangsa, untuk dihayati agar dapat melindungi eksistensi sebagai bangsa. Karenanya, ia mengajak hadirin untuk bertafakur kembali terkait hakikat dari fitri yang tersemat dalam momentum Idulfitri. 

"Fitri atau fitrah berarti asal kejadian, bawaan sejak lahir. Ia adalah naluri. Fitri juga berarti suci, karena kita dilahirkan dalam keadaan suci bebas dari dosa. Fitrah juga berarti agama, karena keberagamaan mengantar manusia mempertahankan kesuciannya."

Sementara itu, Pj. Wali Kota Cirebon H. Agus Mulyadi mengungkapkan kegembiraannya pelaksanaan Salat Idulfitri tingkat Kota Cirebon berjalan lancar dan tertib, terhitung sejak malam tadi. Terlebih, tahun ini pelaksanaan Idulfitri berlangsung serempak, sehingga kemeriahannya semakin terasa. 

"Alhamdulillah pelaksanaan Idulfitri berjalan lancar  terhitung sejak kami laksanakan monitoring tadi malam, dan alhamdulillah hari  ini berjalan dengan lancar," ungkapnya. 

Agus pun mengatakan bahwa seyogyanya kita semua mensyukuri apa yang telah menjadi bagian dari ketakwaan kita. Dirinya berharap momen Idulfitri ini membawa diri kembali suci dan saling memaafkan satu sama lain. 

Kontributor : Haji Arif Arofah