Masyarakat Cirebon Peduli Palestina, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Kita Berkumpul Demi Kemanusiaan

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Konflik Israel-Palestina yang memanas sejak 7 Oktober 2023 lalu memicu reaksi dunia Terlebih agresi Israel yang membabi buta menimbulkan ribuan korban jiwa dari pihak sipil Palestina. Hal ini memicu berbagai aksi masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Kota Cirebon hingga ratusan orang berkumpul di Masjid Attaqwa pada Jumat (17/11) lalu untuk menyuarakan pesan kemanusiaan. Ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid pada Senin (19/11). 

"Alhamdulillah pada Jumat lalu kita bersama masyarakat Kota Cirebon berkumpul demi rasa kemanusiaan terhadap rakyat Palestina. Ini merupakan tragedi yang harus kita sikapi bersama, sehingga muncullah aksi bersama ini. Mungkin apa yang kita lakukan tidak berdampak secara langsung, tapi melalui aksi ini kita sampaikan agar peperangan segera dihentikan," ucapnya. 

Khuailid pun mengatakan bahwa pada aksi ini dilaksanakan pula penggalangan dana kemanusiaan untuk disalurkan melalui BAZNAS Kota Cirebon. Penggalangan ini disalurkan secara tunai melalu kotak-kotak yang disebarkan dan secara transfer melalui QRIS. 

"Alhamdulillah terkumpul 46 jutaan, dan insyaallah akan terus bertambah jumlahnya mengingat kita masih membuka penggalangan dana tersebut," tambahnya. 

Para tokoh lintas agama turut hadir pada aksi ini, bersama para punggawa dari MUI Kota Cirebon, DMI Kota Cirebon, dan sejumlah ormas Islam. Romo Djunawi sebagai perwakilan dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Cirebon menyampaikan asanya agar perdamaian dapat terwujud di bumi Palestina. Sementara Abdul Muiz, salah satu pimpinan BAZNAS Kota Cirebon menyeru agar masyarakat Kota Cirebon tidak putus untuk mendoakan keselamatan rakyat Palestina. 

"Mari doakan saudara-saudara kita di Palestina. Tidak hanya ulama dan orang dewasa lainnya. Anak-anak pun mari bersama-sama berdoa," ucapnya. 

Adapun Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq menyebut bahwa aksi peduli Palestina ini hakikatnya telah dilaksanakan sejak Salat Jumat. Sebab pada saat itu, umat Islam yang berjamaah salat Jumat di Masjid Attaqwa bersama-sama melantunkan Qunut Nazilah memunajatkan keselamatan rakyat Palestina. 

Kontributor : Haji Arif Arofah