Kado HGN 2023, Guru PAI Kota Cirebon Juara 1 Kompetisi BBGP Jabar

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Peringatan Hari Guru Nasional tingkat Kota Cirebon yang dilangsungkan di lapangan MAN 1 Kota Cirebon (25/11) lengkaplah sudah. Pasalnya, kabar gembira tersiar di momen bersejarah para guru ini. Seorang guru pendidikan agama Islam, yakni H. Asep Syaefurrahman dinobatkan sebagai juara 1 kompetisi Berbagi Kreativitas melalui Karya Teknologi Pembelajaran (Berkarya) Kategori Karya Inovatif Kelas C yang digelar oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat di Bekasi pada 20-23 November 2023.

Atas capaian ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid menyampaikan apresiasi setingginya. Dikatakannya bahwa ini merupakan bukti bahwa guru tak pernah henti untuk berkarya dan berinovasi dalam menjawab tantangan zaman di dunia pendidikan. 

"Ini merupakan bukti bahwa guru tidak pernah berhenti berkarya dan berinovasi. Zaman boleh berubah, para guru akan beradaptasi dan memanfaatkan perubahan itu demi penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik. Mudah-mudahan prestasi ini bisa memantik inspirasi dan motivasi bagi para guru lainnya," ungkapnya. 

Asep mengatakan bahwa kompetisi yang diikutinya berkenaan dengan pemanfaatan teknologi informasi bagi penyelenggaraan pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka. Sebanyak 1.500 guru dari seluruh penjuru mengikuti kompetisi, yang kemudian diseleksi untuk melaju ke babak final di Bekasi. Inovasi yang diusungnya berkenaan dengan media pembelajaran diferensiasi. 

"Saya mengusung program inovasi media pembelajaran diferensiasi yang saya namakan Rapat Tim Kasep. Ini merupakan singkatan dari 'radio, aplikasi audio, televisi, dan majalah yang menghadirkan pembelajaran diferensiasi," ucapnya. 

Asep menyebut bahwa inovasi ini memiliki tujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan sesuai dengan minat siswa. Apabila siswa dapat menikmati pelajarannya, materi yang disampaikan oleh guru pun akan lebih mudah tercerna. Ini sejalan dengan semangat yang diusung oleh HGN tahun ini yakni tema "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar".

Berkenaan dengan ini, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Kota Cirebon H. Asep Fauzi Firmansyah mengungkapkan asanya akan perkembangan penyelenggaraan pendidikan agama Islam di Kota Cirebon berbasis teknologi. 

"Guru tidak semata cerdas secara intelektual, tetapi juga harus matang secara spiritual. Terlebih, di era serba digital ini, guru dituntut untuk tanggap dalam memberikan pengetahuan sekaligus menanamkan budi pekerti dengan cara yang disukai anak-anak zaman sekarang. Selain memiliki kemandirian tinggi, guru pun perlu kiranya mengejar prestasi yang yang membanggakan, baik secara individu maupun sosial," ungkapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah