Jalani PKL di 77 Dunia Usaha, Ini Harapan Siswa MAN 2 Kota Cirebon

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon)

Siswa kelas 12 MAN 2 Kota Cirebon dijadwalkan menjalani praktik kerja lapangan (PKL) selama satu bulan penuh di 77 dunia usaha/dunia industri (DUDI) per 8 Desember 2023 ini. Sejumlah siswa mengaku antusias mengikuti program dan memiliki harapan besar dari PKL ini.

Maulida, misalnya, siswi kelas 12 yang memilih tata boga sebagai peminatannya, mengaku antusias menjalani program. Ini disampaikannya pada momen pelepasan keberangkatan 256 siswa, yang dilaksanakan di lapangan MAN 2 Kota Cirebon (8/12/2023).

"Saya akan menjalani praktik di salah satu kafe di Kota Cirebon, sesuai peminatan saya. Insyaallah saya akan belajar banyak-banyak cara meracik makanan dan minuman yang lezat, " ucapnya semangat.

Maulida menyebut bahwa peminatan ini sesungguhnya tidak terlalu berkaitan dengan rencana kuliahnya kelak yang ingin mengambil jurusan Bahasa Arab. Namun dirinya memiliki harapan besar bahwa pengalaman yang didapat akan menempa keterampilannya hingga  berguna saat dirinya mencoba peruntungan di bisnis kuliner kelak.

Hal senada disampaikan Delva Farrel yang memilih teknik bisnis sepeda motor (TBSM) sebagai keterampilan yang dipelajarinya. Dirinya memiliki motivasi untuk mempelajari teknik mesin untuk menyalurkan hobi motornya, sekalipun tidak berkaitan langsung dengan rencana kuliahnya kelak.

"Insyaallah saya akan PKL di salam satu bengkel resmi dari merek motor Jepang. Pengalaman yang didapat akan saya gunakan untuk menyalurkan hobi ngoprek motor. Paling tidak, saya terapkan untuk mengulik motor sendiri nantinya," ucapnya.

Lain halnya dengan Irfan. Dirinya memilih keterampilan yang sesuai dengan rencana kuliahnya kelak.

"Insyaallah saya akan melanjutkan kuliah di jurusan desain grafis, makanya saya pilih keterampilan kriya/multimedia," ungkapnya.

Irfan berharap, pengalaman yang didapatnya saat PKL di salah satu perusahaan desain Cirebon akan menjadi bekal berharga saat menjalani kehidupan mahasiswa nanti.

MAN 2 Kota Cirebon merupakan madrasah berbasis keterampilan. Ada tiga jenis keterampilan di mana salah satunya dapat dipilih siswa berdasarkan peminatan, yakni teknik bisnis sepeda motor (TBSM), tata boga, dan kriya/multimedia. Para siswa diberikan kesempatan untuk memperoleh teori dan praktik keterampilan sesuai minatnya. Usai menjalani pelatihan di lingkup madrasah, para siswa berkesempatan untuk menjalani PKL dan menjajal keterampilannya di dunia kerja sesungguhnya.

Kepala MAN 2 Kota Cirebon Muhaemin mengatakan bahwa ada 256 siswa yang  mengikuti PKL pada tahun ajaran ini. "Sebanyak 46 siswa menjalani praktik di sektor Teknik Bisnis Sepeda Motor, 161 di sektor bisnis Tata Boga, dan 49 siswa di bidang kriya/multimedia. Seluruh siswa yang mengikuti praktik berasal dari kelas 12. Mereka menjalaninya selama masa libur sekolah, jadi insyaallah tidak akan mengganggu pelajaran," ucapnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah