Ikut Pekan Moderasi Beragama Goes to School, Ini Kata Siswa SMAN 4 Kota Cirebon

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 70 siswa SMAN 4 Kota Cirebon mengikuti Pekan Moderasi Beragama Goes to School. Program (PMB GTS) yang digagas oleh Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, melalui Seksi Bimas Islam, ini melibatkan mereka sebagai peserta pada Rabu (8/11/2023), bertempat di aula sekolah. Mereka antusias mengikuti  kegiatan, dan menjalani games ataupun diskusi yang disuguhkan para penyuluh lintas agama Kota Cirebon. 
Lantas, apa komentar mereka terkait program ini? Ferdiansyah yang aktif di ekstrakurikuler pramuka mengatakan senang sekali berkesempatan mengikuti kegiatan ini. 

"Saya mendapatkan banyak banget pelajaran tentang moderasi beragama. Kita dapat pencerahan tentang agama-agama di Indonesia.  Juga tentang toleransi yang dibangun, juga adat-adatnya," ungkapnya. 

Sementara itu,  Regina Felicia mengungkapkan alasan dirinya merasa senang mengikuti kegiatan. "Saya mendapatkan banyak sekali pelajaran baru mengenai toleransi umat beragama,  terutama untuk lingkungan sekolah. Karena, siswa di sini punya latar belakang agama berbeda-beda, dan ada di satu kelas yang sama."

Felicia menambahkan bahwa dirinya  mendapatkan kesempatan untuk memahami berbagai agama melalui sudut pandang langsung agama tersebut, yang disampaikan oleh para penyuluh lintas agama. Dirinya optimis apa yang diperolehnya hari ini dapat menjadi bekal untuk memperkuat kerukunan dan kebersamaan antarkawan dari bermacam latar belakang agama. 
Sementara itu Waka SMAN 4 Kota Cirebon Deden Hermawan mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan program di sekolahnya. Dikatakannya bahwa wawasan moderasi beragama ini dapat menjadi fondasi bagi siswanya terjun di masyarakat. 

"Fondasi utama ketika mereka terjun ke masyarakat adalah dengan mengamalkan ajaran agama secara baik dan benar. Apalagi, yang menentukan masa depan bukan ibu guru dan bapak guru, tapi hakikatnya diri sendiri dan pembawaan ketika di masyarakat. Kecerdasan sikap dan emosional di masyarakat sangat penting diterapkan," ucapnya. 

Selain SMAN 7 Kota Cirebon, PMB GTS dijalankan di SMAN 2 Kota Cirebon, SMAN 4 Kota Cirebon, SMA Advent Cirebon, SMAK Penabur Cirebon, dan SMA Santa Maria Cirebon. Program dijalankan dengan konsep sarasehan bersama penyuluh-penyuluh lintas agama. Para siswa diberikan materi moderasi beragama dalam bentuk audio visual sebagai bahan pemantik untuk didiskusikan. Selanjutnya, para siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan suatu tema, dan menarik kesimpulan bersama. Setelah itu, perwakilan siswa mempresentasikannya, di mana siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi. 

Kontributor : Haji Arif Arofah