Aksi Cegah Stunting, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Kita Diwajibkan Cetak Generasi Kuat

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

Kota Cirebon menggelar aksi massal bertajuk "Aksi Cegah Stunting Kota Cirebon" bertempat di  gedung Andalusia City, Kecamatan Harjamukti (30/11/2023). Aksi dihadiri oleh Plt. Wali Kota Cirebon Hj. Ety Herawati, sejumlah pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid. 

Di hadapan ratusan peserta aksi, Khuailid mengatakan bahwa aksi cegah stunting wajib dilakukan agar generasi yang kuat dapat tercetak. Dirinya menyitir firman Allah yang terdapat surat An-Nisa ayat 9, yang berbunyi, "Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)-nya."

"Ayat ini menjadi salah satu dasar mengapa kita wajib untuk menyukseskan aksi cegah stunting agar tidak meninggalkan generasi lemah,  dipandang dari aspek akidah, aspek kesehatan, dan aspek lainnya. Ini menjadi tugas kita bersama untuk mencetak generasi yang kuat secara mental, fisik, dan spiritual," ucapnya. 

Khuailid menambahkan bahwa Kementerian Agama Kota Cirebon memiliki program untuk mewujudkan hal ini. Program tersebut, di antaranya penyuluhan melalui bahasa agama oleh penyuluh agama Islam, bimbingan perkawinan, dan bimbingan remaja usia sekolah. 
Sementara itu, Eti dalam kalam sambutannya mengatakan bahwa Aksi Cegah Stunting menekankan pada lima hal yang harus dipenuhi agar situasi stunting dapat dientaskan. Kelima hal tersebut termaktub dalam slogan "ABCDE".

"Ada slogan ABCDE untuk mempermudah Bapak dan Ibu mengingat hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah stunting, yakni aktif minum tablet tambah darah, bumil teratur periksa kehamilan minimal 6 kali, cukupi konsumsi protein hewani, datang ke posyandu setiap bulan, dan eksklusif ASI 6 bulan," ungkapnya. 

Pada kesempatan ini, Ety pun menyampaikan apresiasinya kepada kader Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Cirebon yang senantiasa bekerja keras memberikan edukasi terkait pentingnya membangun keluarga yang sehat dna terbebas dari stunting. Pada momen ini, dirinya pun berkesempatan menyerahkan paket makanan bernutrisi tinggi kepada peserta aksi yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, seperti ibu hamil, ibu menyusui, anak balita, anak usia remaja, dan pasangan calon pengantin. 

Kontributor : Haji Arif Arofah