322 Siswa MAN 1 Kota Cirebon PKL, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Terapkan Karakter Madrasah

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

MAN 1 Kota Cirebon menggelar seremoni pelepasan keberangkatan bagi siswanya yang hendak menjalani praktik kerja lapangan (PKL). Seremoni dilangsungkan di aula MAN 1 Kota Cirebon (11/12/2023). Ada 322 siswa yang akan menjalani PKL di 84 dunia usaha/dunia industri (DUDI). Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid yang bertindak selaku pejabat pelepas keberangkatan menyampaikan pesan agar para siswa senantiasa menyerap ilmu tanpa menanggalkan karakter madrasah. 

"Hal yang perlu diperhatikan saat PKL adalah kenali dulu lingkungan praktik. Kosongkan gelas pengetahuan kita agar dapat menanpung pengetahuan-pengetahuan baru dari pengalaman praktik. Namun tidak lupa untuk senantiasa menerapkan jiwa akhlakul karimah yang menjadi karakter madrasah," ucapnya. 

Khuailid menambahkan bahwa PKL memiliki kedudukan istimewa dalam pengembangan karakter karena para siswa akan belajar langsung dari pengalamannya menghadapi dinamika dunia kerja. Terlebih, mereka merupakan calon generasi emas penerus bangsa. Beberapa tahun mendatang akan menjalani roda kehidupan ini dengan berbagai profesi, seperti pejabat publik, karyawan, dan pengusaha. Ini menjadi tugas sekaligus kehormatan bagi madrasah untuk mencetak generasi unggul. 

"Saat ini madrasah tidak hanya dituntut untuk menyampaikan ilmu pengetahuan tetapi juga menerapkan akhlakul karimah dan dituntut memberikan bekal keterampilan bagi siswanya. Sebab tantangan masa kini dan masa depan akan lebih berat dibandingkan dengan zaman kami dahulu," ungkapnya. 

Hal senada disampaikan Kepala MAN 1 Kota Cirebon Usmadi. Dikatakannya bahwa madrasah yang dipimpinnya berkomitmen mendukung perencanaan masa depan yang lebih baik bagi siswanya. Ini salah satunya diwujudkan dengan penerbitan dua jenis ijazah bagi siswanya saat lulus dari MAN 1 Kota Cirebon, yakni ijazah akademik dan sertifikat kompetensi keterampilan. 

"Komitmen lainnya diwujudkan dengan pelaksanaan program PKL yang berguna bagi siswa meningkatkan kualitas keterampilannya melalui praktik nyata di dunia kerja," ucapnya. 

Ada 322 siswa yang mengikuti PKL pada tahun ini, dengan rincian 72 siswa bidang otomotif, 171 siswa bidang multimedia, dan 79 siswa bidang tata busana. Mereka disebar ke 84 perusahaan yang berada di lingkup Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu. 

Kontributor : Haji Arif Arofah