Wakil Wali Kota dan Kepala Kankemenag Kota Cirebon Lepas Manasik Haji PAUDQU dan TKQ

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Para siswa PAUDQU dan TKQ se-Kota Cirebon telah berkumpul sejak pagi (23/8) untuk mengikuti peragaan manasik haji di lapangan MAN 1 Kota Cirebon (23/8). Pakaian ihram serba putih telah mereka kenakan beserta atribut lainnya. Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati dan Kepala Kankemenag Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli tampak menyapa para calon haji cilik itu. Keduanya berkesempatan untuk melepas keberangkatan para haji cilik untuk berlatih manasik haji di area yang telah disulap sebagai miniaturnya Tanah Suci. 

Ketua panitia Sri Maulidina mengatakan bahwa  sebanyak 193 siswa yang mengikuti manasik ini. Mereka berasal dari 11 lembaga PAUDQU dan TKQ se-Kota Cirebon. 

Eti Herawati yang berkesempatan memberi aba-aba tanda dimulainya manasik mengungkapkan rasa gembira atas pelaksanaan kegiatan ini. Terlebih manasik haji memiliki manfaat yang positif bagi anak-anak usia dini ini. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, bapa dan ibu guru, serta para orangtua yang mau bersusah payah menyelenggarakan kegiatan ini. Insyaallah kegiatan manasik ini memiliki manfaat yang besar bagi anak-anak kita ini," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Saefuddin Jazuli. Dirinya mengatakan bahwa manasik haji yang diperkenalkan sejak dini dapat menanamkan motivasi agar mereka berkeinginan untuk berhaji saat dewasa nanti. 

"Manasik haji yang diikuti anak-anak kita ini menjadi perkenalan mereka terkait rangkaian ibadah haji. Ini juga menjadi bekal pengetahuan tentang manasik haji, dan menanamkan motivasi mereka agar terbetik keinginan untuk mengunjungi Baitullah kelak, katanya. 

Dalam manasik ini, para siswa diperkenalkan dengan rute perjalanan haji, dan mengunjungi sejumlah lokasi ibadah, seperti Mina, Mekah, dan Shofa-Marwah. Pada tiap-tiap tempat, para siswa pun diperkenalkan dengan doa-doa yang harus dibaca di setiap ibadah yang dilaksanakannya. Mereka antusias sekali mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Sebagaimana disampaikan kepala kantor, semoga ini menumbuhkan semangat agar mereka mengunjungi Baitullah saat dewasa kelak. 

Kontributor : Haji Arif Arofah