Sambut Presidensi G20, 111 Pranata Humas Luncurkan Buku

SHARE

Jakarta (HUMAS Kota Cirebon) 

Presidensi G20 dalam waktu dekat akan mencapai puncaknya saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dilangsungkan di Bali pada 15-16 November 2022. Guna menggaungkan G20, 111 pranata humas dari berbagai lembaga pemerintahan pusat dan daerah, termasuk pranata humas Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon meluncurkan buku. 

Peluncuran buku dilaksanakan di Perpusnas, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta pada Sabtu (29/10). Winda Eka Putri selaku ketua penyelenggara kegiatan menyebutkan bahwa buku ini berjudul "GPR Together GPR Stronger : Dari Humas Indonesia Kita Pulih Bersama", berisi 111 tulisan dari 111 pranata humas yang tergabung dalam Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Indonesia. 

"Buku ini berisi 111 tulisan hasil seleksi dari 147 tulisan yang masuk, mengangkat topik G20 yang berkaitan langsung dengan pekerjaan serta gagasan para penulis," ucapnya. 

Sementara itu Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo menyampaikan apresiasi atas peluncuran buku humas dari berbagai lembaga pemerintahan ini. Dikatakannya bahwa survey komunikasi terhadap glorifikasi Presidensi G20 ini hanya sekitar 30%. Diharapkan, peluncuran buku ini dapat mendongkrak animo masyarakat untuk mengetahui apa itu G20. 

"G20 adalah hajat seluruh bangsa Indonesia. Belum terlambat untuk memulai meramaikannya, dan belum saatnya berhenti meramaikan, bagi yang sudah memulai," ucapnya. 

Di lain pihak, Coach ASN Menulis Fathurrohman memuji langkah para pranata humas menulis tema G20, mengingat tema ini cukup menantang.

“Pranata Humas berusaha keras mengangkat isu G20, kami melihat ini hal yang sangat positif. Apalagi, kalau kita baca bukunya itu enak, mengalir,” pujinya.

Ketua Umum Iprahumas Thoriq Ramadani mengungkapkan bahwa agenda peluncuran buku antologi ini bagian dari program kerja nasional Iprahumas periode 2022-2024. Ia berharap buku ini menjadi sumbangsih bagi kemajuan dunia humas pemerintah. 

“Kami berharap semoga buku ini menjadi sumbangsih kemajuan humas pemerintah, dan bagi humas Tanah Air dan global secara umum,” ungkapnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah