PPIH Kota Cirebon Gelar Evaluasi Haji, Kepala Kantor Ucapkan Ini

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH)  Kota Cirebon menggelar Rapat Evaluasi Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Kota Cirebon Tahun 2023 di aula Kemenag Kota Cirebon pada Kamis (24/8/2023).

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Kota Cirebon, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Polres Ciko dan stakeholder lainnya. Pada momen pembukaan kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli mengucapkan syukur atas pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Kota Cirebon yang berjalan lancar. Ini tak lepas dari peran aktif para stakeholder yang menjalankan fungsinya masing-masing di kepanitiaan. 

“Syukur alhamdulillah pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji berjalan lancar. Ini tak lepas dari perang Bapak dan Ibu semua. Karenanya, saya ucapkan terima kasih atas kerja keras Bapak dan Ibu selama pemberangkatan dan pemulangan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umrah Hj. Rokhyatun. Dikatakannya bahwa kendati pemberangkatan dan pemulangan haji berlangsung tiap  tahun namun tantangan yang dihadapinya berbeda-beda. 

"Setiap tahunnya, tantangan dn yang dihadapi pasti berbeda-beda. Jika tahun sebelumnya tantangannya adalah covid, tahun ini tantangannya adalah bagaimana memastikan seluruh jemaah haji nyaman terutama jemaah lansia," ucapnya. 

Tantangan ini melatarbelakangi Kementerian Agama mencetuskan program haji berkeadilan dan ramah lansia. Program ini dilaksanakan sejak keberangkatan, saat di Tanah Suci, hingga kepulangan jemaah haji. Melalui program ini, Kementerian Agama dan para stakeholder menerapkan prosedur standar dalam melayani pelayanan jemaah haji dengan mengedepankan kenyamanan berhaji bagi seluruh jemaah haji, khususnya jemaah haji lansia. 

Kontributor : Gita Cahya Utami

Editor : Haji Arif Arofah