PPDB 2023, MTsN 1 Kota Cirebon Jadi Tujuan 359 Pendaftar

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Madrasah dewasa ini kian diminati. Pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini dilaporkan sejumlah pendaftar dari lingkungan madrasah maupun sekolah mendaftarkan diri untuk melanjutkan studi di madrasah. Animo yang tinggi ini membuat madrasah terpaksa melakukan seleksi penerimaan siswa. MTsN 1 Kota Cirebon misalnya menjadi tujuan 359 pendaftar. Karena keterbatasan kelas, MTsN 1 Kota Cirebon hanya menerima 320 siswa saja. 

"Pada PPDB tahun ini, MTsN 1 Kota Cirebon menjadi tujuan 359 pendaftar. Setelah melaksanakan seleksi administrasi dan baca tulis Al-Qur'an, kami hanya dapat menerima 320 saja," demikian disampaikan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan Abdul Khalik pada rapat evaluasi PPDB di lingkungan madrasah pada Kamis (27/7/23). 

Abdul Khalik menambahkan bahwa ke-320 pendaftar tersebut merupakan 142 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 174 siswa berjenis kelamin perempuan. Laporan tersebut disampaikannya langsung kepada Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet yang memimpin jalannya rapat mewakili kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. 

H. Slamet menyambut gembira laporan ini. Dikatakannya bahwa hal ini dapat terwujud berkat kerja keras seluruh pihak. Dirinya pun mengingatkan agar MTsN 1 Kota Cirebon senantiasa memperkuat strategi PPDB-nya agar semakin diminati oleh banyak pendaftar, utamanya pendaftar dari jalur prestasi. 

"Kesuksesan PPDB berkaitan erat dengan strategi dan perencanaan matang. Semakin matang strategi dan perencanaan ini, maka output yang dihasilkan pun akan semakin baik. Lanjutkan yang sudah baik, dan jangan lupa untuk terus berinovasi agar semakin banyak bibit-bibit unggul yang berhasil dicetak oleh MTsN 1 Kota Cirebon," ucapnya. 

Slamet pun menambahkan bahwa pengelolaan PPDB yang baik perlu dibarengi pula dengan tata kelola administrasi yang semakin baik. Dengan demikian, cita-cita menjadikan madrasah yang mandiri dan berprestasi dapat segera tercapai. 

Kontributor : Haji Arif Arofah