Peringati Harwan, Kepala Kantor Ajak ASN Bekerja untuk Generasi Mendatang

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon berkumpul di lapangan kantor guna mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan (Harwan) (10/11). Peringatan ini berkenaan dengan momentum bersejarah para pemuda Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaan di Surabaya pada 10 Nopember 1945.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli selaku pembina upacara menyebutkan bahwa momentum ini bertalian dengan peristiwa bersejarah lainnya, yakni Hari Santri Nasional yang diperingati tiga pekan sebelumnya. 

"Meletusnya pertempuran Surabaya tak lepas dari peran Bung Tomo, masyarakat Surabaya dan para santri yang terbakar semangatnya demi mempertahankan kemerdekaan. Mereka tak gentar meski tidak imbang dari segi logistik, persenjataan, dan pengalaman berperang karena yang dilawan adalah pemenang perang dunia," ucapnya. 

Berkat perjuangan yang tak kenal gentar, dan tentunya atas izin Allah SWT, kemerdekaan pun dapat dipertahankan. Momentum ini kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan, hadi di saat rakyat Indonesia mengenang perjuangan para pahlawan bangsa. 

"Ini mengajarkan kita bahwa ada saat bekerja, ada saat menanam, dan ada saat memetik hasilnya. Para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan bangsa, lalu kita memetik hasil kemerdekaan itu. Kini saatnya kita berjuang, agar generasi mendatang dapat memetik hasil dari perjuangan," lanjut Saefuddin. 

Karenanya, mantan kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Cirebon tersebut mengajak seluruh ASN bekerja giat dalam melayani umat. 

"Mari kita berjuang dengan cara berkerja dengan giat. Kita bangun kinerja sebaik-baiknya untuk membangun sistem yang dapat diterapkan secara berkelanjutan, dan hasilnya akan dipetik oleh generasi selanjutnya," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah