LPTQ Kota Cirebon Targetkan Peningkatan Peringkat di MTQ Jabar Mendatang

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon)

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) merupakan salah satu ajang untuk membahanakan kalam Ilahi dengan jalan kompetisi. Tiap-tiap daerah pasti memiliki semangat untuk berperan aktif di dalamnya, tak terkecuali masyarakat Kota Cirebon.
Menyambung aspirasi masyarakat, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Cirebon berkomitmen untuk berperan aktif dalam kompetisi, seraya membidik prestasi dan peningkatan peringkat.

"Pada MTQ Tingkat Jawa Barat Tahun 2022,  Kota Cirebon meraih 4 poin, dan menduduki peringkat 16. Pada MTQ mendatang, kita targetkan meraih peringkat yang lebih baik," ucap Asisten Pemerintahan Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kota Cirebon Sutisna pada pelantikan pengurus LPTQ lima kecamatan di Kota Cirebon di Attaqwa Center (14/11).
Wali Kota Cirebon H. Nashrudin Azis menyebut bahwa kepengurusan yang baru LPTQ dari lima kecamatan ini diharapkan mengerahkan energi positifnya dalam meningkatkan kualitas pengembangan tilawatil Qur'an di Carubannagari ini.

"Kita akan bekerja bersama-sama, kita semakin punya banyak waktu dan kesempatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan tilawatil Qur'an. Ini hal yang sangat positif. Hal yang sangat kita butuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas peserta MTQ di tingkat Kota Cirebon, Jawa Barat, dan nasional," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli  mengungkapkan asa akan lahirnya potensi-potensi baru di Kota Wali ini.

"Kota Cirebon memiliki lembaga-lembaga pendidikan Islam yang memiliki komitmen dalam mencetak generasi Qur'ani. Mereka bekerja tulus ikhlas untuk terus bergerak mengembangkan tilawatil Qur'an. Di kota ini, diharapkan banyak potensi di akar rumput yang dapat tergali," ucapnya.

Dikatakannya pula bahwa potensi-potensi ini akan membawa panji Kota Cirebon dalam berbagai kompetisi tilawatil Qur'an, seperti MTQ dan lainnya. Namun tujuan utama dari hal ini hakikatnya berkenaan dengan warga Kota Cirebon yang sensi-sendi kehidupannya terinspirasi oleh Al-Qur'an.

"Potensi-potensi ini akan membawa panji Kota Cirebon dalam berbagai kompetisi tilawatil Qur'an, seperti MTQ dan lainnya. Namun goal akhirnya adalah menjadikan warga Kota Cirebon yang terinspirasi oleh Al-Qur'an, dan menjadikan Kota Cirebon menjadi kota yang selalu diinspirasi oleh Al-Qur'an," ucapnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah