Guru Madrasah Kota Cirebon Tingkatkan Kompetensi via PKB

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) Kota Cirebon bekerja sama dengan Kantor Kementerian agama Kota Cirebon menggelar program seminar bertema "Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)". Kegiatan dilaksanakan di aula kantor pada Selasa (22/8).

Kepala Kankemenag Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli yang membuka kegiatan mengatakan bahwa PKB merupakan momen yang tepat dalam upaya meningkatkan kompetensi guru. Dirinya mengimbau agar para guru memanfaatkan seluasnya kegiatan untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber. 

"PKB merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru baik pedagogik maupun profesional. Ini merupakan kesempatan emas bagi para guru untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber untuk meningkatkan kompetensinya," ucapnya. 

Kegiatan diikuti oleh para guru madrasah, yang tak hanya berasal dari lingkup MI tetapi juga MTs dan MA yang tergabung dalam organisasi
Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Jajang Badruzzaman menyampaikan materi berkenaan dengan Kurikulum Merdeka. Dirinya mengatakan bahwa, “Di antara kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah adalah kesungguhan guru memberikan layanan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik yaitu memberikan hak belajar peserta didik sesuai dengan level kemampuan mereka, teaching at the right level."

Dirinya berharap para guru mampu memahami konsep Kurikulum Merdeka. “Kami berharap dengan adanya workshop ini, para guru mampu memahami konsep Kurikulum Merdeka serta mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024."

Kontributor : Idzatus Shofia Zulma

Editor : Haji Arif Arofah