45 Pelaku Usaha Kecamatan Lemahwungkuk Terima Sertifikat Halal

SHARE

Lemahwungkuk (HUMAS Kota Cirebon) 

Alhamdulillah, pengajuan sertifikasi halal dari 45 pelaku usaha Kecamatan Lemahwungkuk berbuah kabar gembira, seiring terbitnya  sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Tak berlama-lama, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Bimas Islam dan KUA Lemahwungkuk pun menyerah ke-45 sertifikat kepada pelaku usaha terkait. Penyerahan dilaksanakan di Masjid Al-Hijrah, Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon pada Kamis siang (27/7/23). 

Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq selaku leading sector sertifikasi halal di lingkup Kemenag Kota Cirebon berkesempatan menyerahkan langsung sertifikat tersebut. Kepada para pelaku usaha, dirinya pun mengatakan alasan dari Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon begitu giat mempromosikan sertifikasi halal. 

"Kemenag Kota Cirebon begitu giat mempromosikan sertifikasi halal. Hal ini didasarkan pada alasan bahwa kita muslim dianjurkan untuk memakan makanan yang pasti kehalalannya. Kemudian juga ada undang-undang yang mengatur agar setiap pelaku usaha memiliki sertifikat halal untuk produknya," ucapnya. 

Rizki pun berkesempatan untuk menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas komitmen ke-45 pelaku usaha untuk berperan serta dalam program sertifikasi halal ini. Hal senada disampaikan oleh Kepala KUA Lemahwungkuk Abdul Haris. Dikatakannya bahwa sertifikat halal ini dapat menjadi faktor penegasan bahwa produk yang diperdagangkan merupakan produk yang halal. 

"Ke depannya, masyarakat yang menjadi konsumen produk kita pasti akan mencari legalitas dari produk yang dikonsumsinya. Dengan adanya sertifikat halal, legalitas itu bisa kita tunjukkan dan mempertegas bahwasannya apa yang kita perjualbelikan memang produk yang halal. Oleh karenanya, saya mengucapkan apresiasi kepada bapak dan ibu atas komitmen yang luar biasa untuk mendapatkan sertifikat halal," ucapnya. 

Pada momen pembagian ini, para pendamping halal dan penyuluh agama Islam pada Kecamatan Lemahwungkuk turut hadir. Mereka selama ini turut berjuang mendampingi para pelaku usaha Kecamatan Lemahwungkuk untuk memproses sertifikasi halal, hingga sertifikat tersebut kini diperoleh. 

"Kami ucapkan selamat atas terbitnya sertifikat halal Bapak dan Ibu. Mudah-mudahan dengan terbitnya sertifikat ini, usaha Bapak dan Ibu semuanya kian berkah dan lancar," ucap Kholisoh, mewakili penyuluh Kecamatan Harjamukti. 

Kontributor : Haji Arif Arofah