383 Jemaah Haji Resmi Gabung ke IPHI Kota Cirebon

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon)

Jemaah haji Kota Cirebon keberangkatan tahun 2023 resmi bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Cirebon. Seremoni serah terima jemaah haji dilaksanakan di Gedung IPHI Kota Cirebon pada Kamis (31/8/2023). 

Penyerahan jemaah haji dilaksanakan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli. Dikatakannya bahwa ada 383 jemaah haji Kota Cirebon yang bergabung berasal dari Kloter 9/KJT dan Kloter 25/KJT. Jumlah ini merupakan terbesar dalam sejarah pemberangkatan jemaah haji Kota Cirebon. 

"Jemaah haji tahun ini menjadi kuota yang terbanyak dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji berjalan lancar. Untuk menyambung tali persaudaraan para haji Kota Cirebon, saya pun mengantarkan para haji angkatan tahun 2023 bergabung ke dalam IPHI Kota Cirebon," ucapnya. 

Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati selaku Ketua IPHI Kota Cirebon mengungkapkan rasa gembiranya atas kedatangan para jemaah haji Kota Cirebon tahun 2023, yang diwakili oleh 85 orang jemaah. Dirinya menyambut dengan tangan terbuka atas bergabungnya ke-383 jemaah haji ke dalam keluarga besar IPHI Kota Cirebon. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada jemaah haji Kota Cirebon tahun 2023. Saya senang sekali mendapatkan saudara-saudara baru dalam keluarga besar IPHI Kota Cirebon," ucapnya. 

Eti mengingatkan bahwa ketika jemaah haji  memiliki medan perjuangan yang baru ketika telah kembali ke Tanah Air. 

“Jamaah haji mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada sang Khalik. Setelah itu jamaah haji yang kembali ke Tanah Air berperan menjadi teladan bagi masyarakat dalam menciptakan kehidupan beragama yang lebih baik di Kota Cirebon,” ujarnya. 

Sebagai pamungkas, Eti menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petugas yang telah berjuang keras dalam mengawal penyelenggaraan ibadah haji.

“Atas nama pemerintah Kota Cirebon, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan  setinggi-tingginya kepada penyelenggara ibadah haji dari tingkat dan provinsi, kepada panitia pemberangkatan dan pemulangan haji Kota Cirebon, tim pemandu haji daerah, serta tim kesehatan haji daerah telah memberikan pelayanan kepada jamaah haji."

Kontributor : Surya Jati Permana

Editor : H. Arif Arofah