30 Tokoh Agama Kota Cirebon Jalani Diklat Moderasi Beragama BDK Bandung

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Sebanyak 30 tokoh beragama Kota Cirebon mengikuti Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) yang dihelat Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung di aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon (16/10/23). Ketiga puluh tokoh tersebut berasal dari unsur pemuka agama, pengurus rumah ibadah, guru agama,  dan guru mata pelajaran dari berbagai lintas agama. 

Ketua panitia H. Nanang Suryana menyebutkan bahwa diklat dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 16 Oktober 2023 hingga 21 Oktober 2023. Diklat berfokus pada pengembangan knowledge, skill, dan attitude. 

"Diklat ini akan dijalankan selama enam hari, dengan menekankan pada pengembangan knowledge, skill, dan attitude. Untuk mengukur hal ini, kami terapkan pre-test dan post-test. Dengan demikian kami dapat mengevaluasi sejauh mana target diklat dapat tercapai," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Rizki Riyadu Taufiq menyambut baik pelaksanaan diklat ini. Terlebih, hal ini dapat memberikan bekal wawasan bagi kiprah para tokoh agama Kota Cirebon mengawal kerukunan di kota wali ini. 

"Saya mewakili kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menyambut baik pelaksanaan diklat ini. Terlebih peserta yang diundang merupakan tokoh agama yang sehari-harinya  berjuang mengawal kerukunan di kota wali ini," ucapnya. 

Rizki menambahkan bahwa para peserta yang mengikuti diklat merupakan anggota aktif di Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  Kota Cirebon. Melalui diklat ini, peran FKUB Kota Cirebon mendapatkan amunisi wawasan tambahan untuk menjalankan misinya merawat kerukunan. 

"Sejauh ini, FKUB Kota Cirebon telah aktif menggelar sejumlah kegiatan moderasi beragama bagi masyarakat Kota Cirebon. Tentunya pengetahuan yang diperoleh dari diklat ini dapat menjadi amunisi wawasan tambahan dalam menjalankan misi merawat kerukunan antar umat beragama dan antar umat seagama," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah