MTsN 2 Kota Cirebon Haflah Akhirussanah, Kepala Kemenag Kota Cirebon Ajak Siswa Cinta Al-Quran

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

MTsN 2 Kota Cirebon menggelar Haflah Akhirussanah sebagai momen wisuda bagi siswa kelas 9 pada dua bidang, yakni bidang akademik dan bidang khotmil Qur'an. Hal tersebut dilaksanakan di Gedung Andalusia pada Selasa (11/6/2024). Berkenaan dengan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid mengajak para siswa untuk senantiasa mencintai Al-Qur'an. 

"Al-Qur'an merupakan panduan hidup kita. Al-Qur'an penolong bagi kita baik di dunia maupun di akhirat. Bacalah selalu kitab suci umat Islam itu tanpa pernah jemu. Maka, ketika kita melanjutkan pendidikan lebih tinggi dan berkiprah di dunia kerja, jangan lepas dari Al-Quran," ucapnya. 

Moh. Khuailid secara lugas mengapresiasi langkah MTsN 2 Kota Cirebon yang menggabungkan pesta perpisahan siswa dengan khotmil Qur'an. Dikatakannya bahwa khotmil Qur'an merupakan bagian dari karakter yang dibangun oleh madrasah. 

"Sistem pembelajaran madrasah tidak hanya mentransformasikan pengetahuan, tetapi juga menyiapkan generasi berakhlak karimah. Sebagaimana tema yang diusung pada kegiatan ini, yakni 'menuju generasi emas yang berakhlakul karimah'. Hal itulah sejatinya menjadi karakter yang dibangun madrasah melalui pembiasaan-pembiasaan. Maka ridak heran jika madrasah kini menjadi pilihan utama di Kota Cirebon," tambahnya. 

Kendati demikian, Moh. Khuailid mengungkapkan bahwa untuk merawat dan meningkatkan kualitas akhlakul karimah diperlukan sinergi yang semakin baik dari dua elemen penting madrasah, yakni guru dan orangtua siswa. "Dengan sinergi antara guru dan orangtua, insyaallah pendidikan yang diajarkan akan lebih berhasil," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah