Dikunjungi FKUB Jakarta Selatan, Kepala Kemenag Kota Cirebon : Ini Momen Emas Kerukunan

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon  mendapatkan kehormatan disambangi rombongan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Jakarta Selatan pada Rabu (29/11/2023). Ada sekitar 20 orang tamu yang disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid bersama Ketua FKUB Kota Cirebon Kyai Hamid dan para tokoh lintas agama Kota Cirebon. 

Khuailid mengungkapkan rasa gembiranya atas kunjungan ini. Apalagi Jakarta Selatan memiliki tempat istimewa di hatinya. 

"Jakarta Selatan adalah tempat saat saya kuliah dulu, juga tempat mengajar ngaji anak-anak Kompleks Kostrad. Karenanya saya memahami bahwa Jakarta Selatan dan Kota Cirebon memiliki karakteristik yang sama dalam hal keanekaragaman aktivitas keagamaan. Pertemuan ini merupakan momen emas saling bertukar wawasan kerukunan," ungkapnya. 

Khuailid menambahkan bahwa kedua kota memiliki kesamaan dalam upaya meningkatkan kualitas kerukunan umat. Dalam hal ini, Kota Cirebon aktif menggelar kegiatan moderasi beragama selama tahun 2023.

"Pada tahun ini, kami aktif menggelar kegiatan moderasi beragama, seperti program roadshow ke rumah ibadah bersama penyuluh lintas agama dan moderasi beragama goes to school," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua FKUB Jakarta Selatan Julian Lukman mengungkapkan tujuan kunjungan ini berkenaan dengan silaturahim dan dialog lintas agama, serta mengunjungi situs keagamaan.

"Kami membawa rombongan yang berasal dari unsur FKUB, FPK, FKDM, Kemenag, Kesra, dan Kesbangpol. Kedatangan kami dimaksudkan untuk bersilaturahmi dan berdialog bersama tokoh lintas agama Kota Cirebon, serta mengunjungi situs keagamaan," ucapnya. 

Menanggapi hal ini, Kyai Hamid menyatakan kesanggupannya untuk saling bertukar pikiran dan berbagi informasi tentang keanekaragaman kehidupan keberagamaan di Kota Cirebon. Sejumlah agenda telah diagendakan untuk dijalankan hingga sore hari. 

"Di Kota Cirebon ada sejumlah tempat ibadah yang unik dan kaya akan nilai sejarah. Insyaallah kita akan kunjungi bersama-sama Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan, Taman Doa Gereja Bunda Maria, Makam Syekh Syarif Hidayatullah, dan tempat lainnya," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah