Songsong MTQ ke-38 Jabar, LPTQ Kota Cirebon Gelar Raker

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-38 Jawa Barat akan hadir dalam waktu dekat. Berkenaan dengan ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Cirebon menggelar rapat kerja untuk menyongsong hajat syiar Qur'an tingkat provinsi ini. Rapat digelar di Attaqwa Center (23/4/2024) untuk mempersiapkan kontingen MTQ Kota Cirebon, sebagaimana disampaikan oleh Sutikno, Asisten Pemerintahan dan Kesra dari Pemerintah Kota Cirebon. 

"Rapat ini digelar untuk mempersiapkan kontingen MTQ dari Kota Cirebon. Persiapan ini tidak hanya memperhatikan faktor teknis, melainkan juga faktor mental atau psikologis. Hal ini penting untuk menanamkan bekal kepada anak-anak kita pengetahuan untuk menguasai panggung sehingga meminimalisir demam panggung," ucap sosok yang juga menjabat sebagai ketua umum LPTQ Kota Cirebon. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid. Dirinya menyatakan bahwa pembinaan secara teknis maupun mental dalam ajang MTQ memiliki tujuan untuk menciptakan karakter-karakter generasi muda berakhlakul karimah. 

"MTQ tidak hanya berkenaan dengan hal-hal teknis dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an, melainkan juga menanamkan nilai-nilai luhur akhlakul karimah," ungkapnya. 

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kota Cirebon M. Arif Kurniawan mengungkapkan bahwa Kota Cirebon memasang target untuk masuk 10 besar pada MTQ tahun ini  Kendati demikian misi utama dari ajang MTQ kali ini yakni kaderisasi. 

"Pada tahun ini, kita targetkan masuk 10 besar tingkat Jawa Barat. Namun, hal hal yang tak kalah penting kaderisasi yang dilaksanakan secara terarah, untuk menghadapi MTQ di tahun-tahun mendatang," ucapnya. 

MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat akan dilangsungkan di Kabupaten Bekasi pada 29 April-4 Mei 2024. Sejumlah cabang perlombaan dipertandingkan, seperti tilawah, qira'at murottal, tahfidz, tafsir, fahmil Qur'an, syarhil Qur'an,  karya tulis ilmiah, dan khat Al-Qur'an.

Kontributor : Haji Arif Arofah