Sebulan Lagi ke Tanah Suci, Calon Haji Kota Cirebon Bimbingan Manasik

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Jemaah haji Kota Cirebon tergabung dalam Kloter 12/KJT, dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 25 Mei 2024. Ini berarti tinggal sebulan lagi berangkat, maka calon haji Kota Cirebon melakukan pemantapan ibadah dengan mengikuti bimbingan manasik (bimsik) hajinyang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Rangkaian bimsik diawali dengan Bimsik Haji Massal 1 yang dilaksanakan di Attaqwa Center, Kota Cirebon, pada Kamis (18/4/2024). 

"Bimbingan manasik haji merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019. Jadi kami dari Kementerian Agama melaksanakan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan bagi jemaah haji. Jadi, pada hari ini adalah bimsik pertama bagi jemaah haji, dilanjutkan dengan bimbingan di tingkat kecamatan," ucap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid, yang disampaikan pada acara tersebut. 

Moh. Khuailid menambahkan bahwa bimsik haji merupakan hak yang diperoleh oleh calon haji. Mereka berhak untuk mendapatkan bimbingan tingkat kota/kabupaten sebanyak dua kali, dan bimbingan tingkat kecamatan selama enam hari. 

"Bimbingan manasik haji tersebut dilaksanakan secara gratis, bersumber dari asas nilai manfaat haji," ucapnya. 

Ada 395 peserta bimsik haji pada momen ini, dengan rincian 176 laki-laki dan 219 perempuan. Kepada mereka, Asisten Pemerintahan dan Kesra dari Pemerintah Kota Cirebon Sutikno mengimbau agar para calon haji menyerap sebanyak-banyaknya materi teoritis dan praktis yang disampaikan selama bimbingan. 

"Manfaatkan momen bimsik ini untuk menyerap segala pengetahuan teoritis dan praktis tentang berhaji. Hasil bimsik diterapkan, dioperasionalisasikan ketika pelaksanaan ibadah haji, karena ini penting. Ibarat simulasi. Apa yang diperagakan di sini akan kita peragakan di sana (Tanah Suci)," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Subdit Pembinaan Jemaah Haji pada Ditjen PHU Kementerian Agama RI H. Salamun Ali Mafaz. Dirinya mengajak para calon haji mengikuti bimsik dengan penuh semangat, dan menghayati setiap rangkaian amal ibadah yang dipelajari. 

"Ibu Bapak yang hadir pada majelis ini dikehendaki oleh Allah sebagai calon haji. Mari kita ikuti bimsik ini penuh semangat. Hayati setiap rangkaian amal ibadah yang dipelajari," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah