Roadshow Edisi ke-4, Penyuluh Agama Kota Cirebon Sambangi Gereja Mawar Sharon

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Seksi Bimas Islam memiliki kegiatan rutin berupa roadshow ke rumah-rumah ibadah di Kota Cirebon. Jika edisi sebelumnya digelar di Vihara Dewi Welas Asih, Gereja Katolik St. Yusuf, dan Pura Agung Jati Pramana, maka roadshow edisi keempat ini digelar di Gereja Mawar Sharon (GMS), Jalan Bahagia, pada Selasa (17/10/23). 

Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq selaku penggagas kegiatan menyebut bahwa roadshow dimaksudkan untuk menambah wawasan peserta kegiatan terkait rumah ibadah dari berbagai agama di Kota Cirebon. Di samping itu, kegiatan dihelat untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama penyuluh agama. 

"Roadshow ini diikuti oleh para penyuluh lintas agama. Penyuluh dari agama apa pun berpartisipasi kegiatan ini. Tujuannya tentu untuk menambah wawasan terkait rumah ibadah-rumah ibadah di Kota Cirebon. Di samping itu juga untuk mempererat tali persaudaraan," ucapnya. 

Uniknya,  roadshow kali ini dihelat berkolaborasi dengan BDK Bandung. "Kebetulan BDK Bandung sedang menjalankan pelatihan di wilayah kerja dengan peserta para tokoh agama, sehingga kegiatan kali ini pun sejalan dengan visi-misi kegiatan mereka. Terlebih hal ini pun dapat memperkuat pemahaman para peserta roadshow tentang pentingnya merawat kerukunan umat beragama," tambahnya. 

Terobosan ini disambut positif oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli. Dikatakannya bahwa saling bersilaturahmi dan saling mengunjungi merupakan hal baik yang memiliki banyak nilai positif, salah satunya dalam hal mempererat persaudaraan. 

"Bersilaturahmi adalah hal positif yang senantiasa harus kita lestarikan. Tak hanya dengan kawan seagama, tetapi juga kawan berbeda agama. Saya optimis masa depan bangsa, khususnya masa depan Cirebon, akan semakin cerah dengan kebiasaan kita untuk saling mengenal satu sama lain," ungkapnya. 

Sementara itu, Pendeta Thomas mewakili tuan rumah menyambut kedatangan para penyuluh dengan hangat. Dirinya berkesempatan untuk memperkenalkan seluk beluk GMS yang dikelola dengan mengedepankan konsep ramah anak. 

"Konsep ibadah yang kami bangun adalah konsep ibadah ramah anak. Di sini tersedia ruang bayi dan ruang anak sebagai tempat penitipan selagi orangtua beribadah. Anak pun memiliki ruangannya sendiri untuk dibimbing terkait tata cara ibadat," terangnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah