Resmikan An-Nahdloh, Stafsus Menag : Masjid Miliki Fungsi Ibadah dan Sosial

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Utamanya digunakan untuk melaksanakan ibadah mahdloh, yakni salat. Kendati demikian, masjid dapat memiliki fungsi lain, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

"Rasulullah SAW membangun masjid tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga mengadakan majelis ilmu dan kegiatan lainnya. Hal itu pula yang saya harapkan ada di Masjid An-Nahdloh," ucap Staf Khusus Menteri Agama RI Bidang Kerukunan Umat Beragama H. Muhammad Nuruzzaman. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi masjid yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, pada Sabtu (16/9/2023). 

Masjid yang berada di bagian depan kantor tak lama lagi rampung 100 persen, dan dapat dimanfaatkan oleh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum. Dirinya berharap Masjid An-Nahdloh juga dapat difungsikan di bidang sosial ekonomi. 

"Saya harapkan, fungsi yang dijalankan oleh Masjid An-Nahdhoh tak sebatas ibadah mahdloh, tetapi juga menjadi pusat kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar. Dengan kata lain, Masjid An-Nahdloh menjalankan fungsinya di bidang ibadah sekaligus bidang sosial ekonomi," ucapnya. 

Pada momen ini, Nuruzzaman pun meluangkan waktu untuk meresmikan masjid yang ditandai oleh penandatanganan prasasti dan pemotongan pita. Dirinya mengapresiasi pembangunan yang dijalankan secara swadaya tanpa bantuan pemerintah sepeser pun. Ini sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli. 

"Alhamdulillah, kita dapat membangun masjid dengan dana swadaya dari kita semua, para ASN Kemenag. Semua pihak menunjukkan ghirohnya luar biasa sehingga pembangunan dapat dilaksanakan hanya dalam beberapa pekan," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Rizki Riyadu Taufiq mengungkapkan latar belakang pemberian nama masjid ini. 

"An-Nahdloh memiliki arti 'kebangkitan'. Penamaan ini diambil dengan mengusung filosofi bahwa pembangunan masjid ini diharapkan menjadi babak baru bagi ASN Kemenag Kota Cirebon yang mengalami kebangkitan dalam hal ibadah dan produktivitasnya. Bangkit dalam hal terjadinya peningkatan dari segi kualitas ibadah. Bangkit dalam peningkatan kinerjanya."

Kontributor : H. Arif Arofah