PPIH Kota Cirebon Bersiap Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 9/KJT

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Jemaah haji Kota Cirebon yang tergabung dalam Kloter 9/KJT dalam waktu dekat akan kembali ke tanah air melalui Bandara Kertajati. Guna memastikan pemulangan berjalan lancar, Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Ibadah Haji (PPIH) Kota Cirebon menggelar rapat persiapan pemulangan, yang bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon (11/7/2023). 

"Insyaallah pada 18 Juli nanti, jemaah haji Kota Cirebon kembali ke Tanah Air. Untuk itu, perlu kiranya kita persiapkan dengan matang rencana penyambutan kedatangan mereka," ungkap Kepala Subbagian Tata Usaha H. Slamet yang memimpin rapat. 

Rapat dihadiri oleh seluruh panitia, yang berasal dari berbagai unsur seperti Kankemenag Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon, Korem 063/Sunan Gunungjati, Polres Ciko, perusahaan otobus, dan lainnya. Sejumlah hal teknis dibahas terkait pemulangan jemaah haji yang dipimpin oleh Kepala Kankemenag Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli selaku ketua Kloter 9/KJT tersebut. Hal-hal teknis dimaksud, di antaranya  prosedur pelaksanaan penjemputan dan koordinasi dengan pihak otoritas bandara dan otoritas Debarkasi Indramayu. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Cirebon H. Rokila mengatakan bahwa dalam hal pelaksanaan pemulangan ini, keamanan dan kenyamanan ke-354 jemaah haji harus diutamakan. 

"Jemaah haji tiba di Tanah Air setelah menjalani penerbangan panjang dari Tanah Suci ke Tanah Air. Mereka tentunya tiba dalam keadaan lelah. Oleh karenanya, utamakan keamanan dan kenyamanan jemaah haji dalam proses pemulangan sampai tiba ke Kota Cirebon dan berkumpul bersama keluarga tercinta," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hj. Rokhyatun mengimbau agar keluarga jemaah haji menunggu kedatangan jemaah haji di Kota Cirebon saja, tanpa perlu menyusul bandara. 

"Saya memaklumi empat puluh hari tak berjumpa dengan orang tersayang yang menjalani ibadah haji tentunya terasa sangat rindu. Namun saya mengimbau keluarga jamaah haji sabar menanti di Kota Cirebon agar keamanan dan kenyamanan jemaah haji tetap dapat senantiasa kita upayakan secara maksimal," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah

M