Porseni Penyuluh Agama Tingkat Jabar Ajang Pembuktian Penyuluh Bisa Berprestasi di Tiga Bidang

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Penyuluh Agama Tingkat Jabar yang akan dihelat di Pangandaran pada 13-14 Desember 2022 merupakan pembuktian bahwa penyuluh agama bisa berprestasi di tiga bidang sekaligus. Ketiga bidang tersebut adalah, penyuluhan, olahraga, dan seni. 

"Penyuluh terbiasa berceramah. Penyuluh terbiasa memberi penyuluhan kepada masyarakat. Namun penyuluh juga bisa menunjukkan dirinya mampu berprestasi pada bidang lain, yakni olahraga dan seni," ucapk Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli. 

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin seremoni pelepasan keberangkatan kontingen Jawa Barat untuk Porseni Tingkat Jawa Barat, yang dilaksanakan pada Senin (12/12). 

Ada 46 enyuluh agama Kota Cirebon yang diberangkatkan, yang berasal dari dua organisasi, yakni Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kota Cirebon dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Cirebon. Sebagian dari penyuluh tersebut terdiri dari atlit yang akan bertanding, official, dan supporter. Dijadwalkan, mereka akan mengikuti tiga mata lomba, yakni badminton, karaoke Islami, dan catur. 
Saefuddin mengimbau agar mereka tak hanya fokus bertanding selama di sana. 

"Ini merupakan wahana silaturahim bagi penyuluh agama se-Jawa Barat. Penyuluh agama Kota Cirebon berkesempatan untuk bertemu teman seperjuangan sekaligus berjuang mengukir prestasi pada ajang olahraga dan seni. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka wawasan dengan cara berbagi pengalaman dengan penyuluh dari kota kabupaten lain," tambahnya. 

Kesempatan berbagi  pengalaman ini akan berguna dalam transfer pengetahuan yang dapat diterapkan dalam memajukan bidang penyuluhan agama di Kota Cirebon.

"Target lainnya adalah, dengan berbagi wawasan dapat ditingkatka motivasi untuk berkerja dengan baik."

Sebagai pamungkas, Saefuddin mendoakan agar para penyuluh Kota Cirebon dapat mengangkat citra Kota Cirebon kiat positif melalui ajang ini. 

Kontributor : Haji Arif Arofah