Perkuat Peran Masjid, Kemenag Kota Cirebon Gelar Pembinaan Pengurus Masjid

SHARE

Jalan Kartini (HUMAS Kota Cirebon)


Kementerian Agama Kota Cirebon bersama Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kota Cirebon,  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon dan BSI Kota Cirebon menggelar acara pembinaan pengurus masjid se-Kota Cirebon di Islamic Center pada hari Kamis, 14 Desember 2023.


Dalam acara ini, Kemenag Kota Cirebon membagikan 100 Surat Keputusan Dewan Kemakmuran  Masjid dan ID Card kepada masjid-masjid yang berada di Kota Cirebon. SK ini berfungsi sebagai tanda pendaftaran masjid di database Kemenag, memperkuat basis data dan pemberdayaan masjid dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

Selain memberikan SK, kegiatan ini juga menjadi momentum penting untuk membina hubungan antara masjid-masjid di Kota Cirebon dan pihak-pihak terkait.


Dalam rangkaian acara tersebut, juga dilakukan pengukuhan Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) tingkat Kota Cirebon dan Himpunan Penyuluh Agama Perempuan (HIPAP). Menariknya, pengukuhan ini tidak hanya melibatkan penyuluh agama Islam, tetapi juga dari agama Kristen, Buddha, dan Hindu, menunjukkan semangat kerukunan antarumat beragama.


Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon, H. Moh. Khuailid, yang menyampaikan pesan penting. "Masjid harus dijaga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dari segala hal yang dapat mencederai kerukunan umat beragama. Selain itu, masjid juga harus menjadi pemersatu bangsa dan masyarakat, maka harus dijauhkan dari politisasi agama yang dapat memecah belah umat," ujarnya


Ketua Harian BKM Kota Cirebon, Rizky Riyadu Taufik  juga memberikan sambutan, menekankan harapannya agar masjid di Kota Cirebon bangkit menjadi masjid yang ramah, makmur, dan melek teknologi. Dengan demikian, masjid dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan yang modern dan mendukung kemajuan masyarakat Kota Cirebon.


Acara ini dihadiri oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cirebon, H. Dani Mardani,  berbagai tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pengurus masjid se-Kota Cirebon. Semua pihak berharap bahwa kegiatan ini akan membawa dampak positif dalam pembinaan dan pemberdayaan masjid di Kota Cirebon.

Kontributor : Riani K