Penyuluh Agama Garda Terdepan Moderasi Beragama

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Penyuluh agama merupakan aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karenanya, penyuluh merupakan garda terdepan dalam menyebarkan pesan-pesan positif bernapaskan keagamaan, termasuk pesan moderasi beragama. 
Ini disampaikan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Rizki Riyadu Taufiq tatkala berjumpa dengan 50 penyuluh agama di lingkungan kerja Kantor Kementerian Agama di Mushola Al-Ikhlas (12/12). 

Dirinya mengaku bangga dan gembira melihat kekompakan penyuluh agama Kota Cirebon mengingat ke-50 penyuluh teraebut berasal dari dua organisasi berbeda, yakni Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kota Cirebon dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Cirebon. Tak hanya itu, penyuluh agama Kota Cirebon pun berasal dari latar belakang agama dan keyakinan berbeda-beda, yakni Islam, Hindu, dan Buddha. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan rekan-rekan penyuluh untuk melaksanakan silaturahmi dan koordinasi pada hari ini. Saya sangat bangga dan gembira menyaksikan kekompakan rekan-rekan sekalian" ungkapnya. 

Pada kesempatan ini, Rizki mengajak para penyuluh untuk tak kenal lelah dalam bersinergi memberikan penyuluhan. 

"Tugas utama penyuluh adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Mengobarkan semangat kerukunan dan moderasi beragama. Mari kita bersama-sama, baik penyuluh PNS, penyuluh non PNS, penyuluh muslim, maupun penyuluh non muslim untuk bersinergi dalam memberikan penyuluhan dan pelayanan," tambahnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah