MAN 1 Kota Cirebon Lestarikan Seni dan Budaya Melalui Batik

SHARE

Jalan Pilang Raya (HUMAS Kota Cirebon)


Sebuah warna kearifan lokal bersinar di MAN 1 Kota Cirebon melalui kegiatan P5P2RA Kurikulum Merdeka dengan tema Kearifan Lokal yang bernama SIBACIR (Eksplorasi Batik Cirebon). Kegiatan yang diselenggarakan dari 9 hingga 17 November 2023 ini mengajak seluruh siswa kelas 10 untuk meresapi dan menggali keindahan batik Cirebon.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamiin (P5P2RA) menjadi panggung inspiratif bagi para siswa MAN 1 Kota Cirebon. Sebanyak 324 siswa turut serta dalam eksplorasi seni dan kreativitas ini yang dipandu oleh guru-guru berbakat dari Panitia P5P2RA. 


Kegiatan diawali dengan pengenalan jenis-jenis batik Cirebon oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya, seperti M. Fahmi Nadhir, S.Pd, Suniawati Hadi, SPd, Yeni Indriyani S.Pd, dan Alfas Muhammad Fuad, S.Pd. Mereka memberikan wawasan terkait sejarah dan kekayaan motif batik khas Cirebon.


Tak hanya itu, siswa kemudian terlibat dalam kegiatan kontekstualisasi dan aksi langsung. Dari pembuatan sketsa hingga proses pencantingan, pewarnaan dasar, pengeblokan, pewarnaan kedua, pelorotan malam, hingga penjemuran kain, setiap tahap menjadi bagian tak terpisahkan dari proses kreatifitas mereka.


Setelah selesai, peserta didik tidak hanya menghasilkan karya seni batik yang memukau, tetapi juga membuat laporan berupa video dan presentasi sebagai bagian dari kegiatan refleksi. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan pengalaman dan proses kreatifitas secara komprehensif.


Hari terakhir menjadi puncak acara dengan display hasil karya yang memukau. Kepala MAN 1 Kota Cirebon, Usmadi, S.Pd, turut hadir untuk memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan P5P2RA tema 1 ini dan hasil karya luar biasa para peserta. Dalam sambutannya, ia berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menggali potensi serta kreativitas peserta didik dalam melestarikan kearifan lokal batik Cirebon.


"Melalui SIBACIR, kita berharap mampu menumbuhkan nilai karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan rahmatan lil'aalamiin. Kreativitas anak-anak kita adalah investasi masa depan yang tak ternilai," ujarnya.


Dengan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap kearifan lokal, SIBACIR tidak hanya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi MAN 1 Kota Cirebon, tetapi juga membangun jejak inspiratif untuk melestarikan seni dan budaya batik Cirebon.

Kontributor : M. Fahmi / Riani