Kepala Kantor : KSM Bekal Siswa Songsong Masa Depan

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kompetisi bagi para siswa MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Kompetisi ini memiliki ciri yang unik karena mengintegrasikan materi-materi agama ke dalam soal-soal ilmu pengetahuan yang dikonteskan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli mengatakan bahwa KSM adalah kompetisi yang dapat menjadi bekal bagi siswa untuk menyongsong masa depan. Ini disampaikannya saat menutup secara resmi kegiatan KSM Tingkat Kota Cirebon, bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon (20/7/23). 

"Hari ini kita mengumumkan putera-puteri Kota Cirebon yang menjadi juara. Kita memiliki anak-anak didik terbaik yang kelak akan membangun bangsa. Mereka lahir dari KSM, kompetisi yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan ajaran agama. Insyaallah ini berguna saat mereka terjun nanti di masyarakat," ucapnya. 

Dirinya berharap, nilai-nilai pelajaran yang diperoleh dalam kompetisi ini tidak berhenti hanya pada saat perlombaan. Ini mengingat nilai-nilai yang diperoleh dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. 

"Saya berharap nilai yang diperoleh dapat pula diimpelementasikan di kehidupan sehari-hari. Jika suatu saat kalian sudah dewasa kelak, bangun bangsa ini dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang diraih yang berintegrasi dengan pendidikan agama seperti akidah dan akhlak."

Saefuddin pun mengungkapkan asanya bahwa para peserta didik yang berperan aktif dalam KSM akan menjadi alim ulama kelak. "Kita punya ulama-ulama besar yang memiliki kontribusi besar di bidang ilmu pengetahuan sekaligus ilmu agama. Kiranya KSM dapat menjadi modal untuk mewujudkan impian tentang bermunculannya saintis-saintis muda yang menjadi kenyataan," pungkasnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah