Kemenag Kota Cirebon Sigap Persiapkan Kepulangan Jamaah Haji

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 
Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) telah memulai persiapan penting untuk kepulangan jamaah haji dari tanah suci. Setelah menyelesaikan ibadah haji tahun ini, sebanyak 348 Jamaah haji yang tergabung dalam kloter 25 KJT dijadwalkan kembali ke tanah air pada  Selasa 18 Juli 2023. Petugas di Kemenag Kota Cirebon telah bekerja keras untuk memastikan kepulangan jamaah agar berjalan dengan lancar dan aman, salah satunya dengan mengadakan pertemuan dengan pihak KBIH, (17/07).


Salah satu langkah awal adalah memastikan kesiapan sarana transportasi yakni untuk menjemput jamaah haji yang akan kembali ke Kota Cirebon via bandara Kertajati. sebanyak 10 bus disiapkan begitu juga petugas  pendamping  tiap bus yang siap bertugas  untuk dengan memperhatikan aspek kenyamanan, keselamatan, dan waktu optimal kepulangan bagi jamaah.


Kepala Seksi Penyelenggara  Haji dan Umrah Kota Cirebon, Rokhiyatun menyatakan, "Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji selama proses kepulangan mereka. Semua tim di Kemenag bekerja dengan penuh dedikasi untuk memastikan perjalanan pulang jamaah berjalan lancar dan menyenangkan. Kami juga mengimbau kepada keluarga dan masyarakat setempat untuk mendukung jamaah selama kepulangan mereka."ungkapnya.


Tim  yang bertugas berkolaborasi dalam upaya menyusun rencana dan melaksanakan tugasnya guna memfasilitasi kepulangan jamaah haji dengan maksimal. Beberapa langkah strategis telah diambil untuk memastikan proses kepulangan berjalan efisien dan menghindari kemungkinan kendala dan yang paling penting yakni persiapan pengambilam koper jamaah.


"Pengamanan koper jamaah haji adalah tanggung jawab bersama yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Kami bekerja sama dengan KBIH dan pihak terkait lainnya untuk memastikan koper jamaah aman dan tidak terjadi kendala selama proses kepulangan. Kepulangan jamaah haji adalah momen bahagia, dan kami ingin memberikan layanan terbaik kepada mereka untuk merayakan kembali bersama keluarga dan kerabat," kata Rokhiyatun.


Pulangnya jamaah haji merupakan momen yang ditunggu-tunggu, setelah menghabiskan waktu beberapa minggu di Tanah Suci untuk menjalankan rangkaian ibadah haji. Selama tinggal di Mekkah dan Madinah, jamaah haji telah menjalani proses ibadah yang meliputi thawaf, sa'i, wukuf di Arafah, serta melempar jumrah.


Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang sinergis antara Kemenag dan KBIH, diharapkan kepulangan jamaah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan membawa kebahagiaan bagi seluruh jamaah dan keluarga mereka di tanah air.


Kontributor : Riani Kusuma Wardani