Kemenag Kota Cirebon Hadiri Peringatan AIDS Sedunia Tingkat Kota Cirebon

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon yang diwakili oleh lima pelaksana pada kantor dan KUA menghadiri peringatan AIDS Sedunia tingkat Kota Cirebon, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jalan Siliwangi (1/12). 

Acara yang mengusung tema “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS” ini dibuka oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon  Sri Maryati. Sri menyebut bahwa pada masa awal pandemi hingga saat ini, kasus AIDS di Kota Cirebon mengalami lonjakan. 

"Menurut data Dinas Kesehatan ada sekitar 1.700 orang sejak pandemi 2020 hingga 2022 ini peningkatan kasusnya meningkat terus," ucapnya. 

Hal yang menjadi dilema adalah kasus HIV/AIDS bak gunung es di lautan. Apa yang tampak di permukaan belum mencerminkan kegawatan yang sesungguhnya terjadi. 

“HIV/AIDS ini kami ibaratkan gunungan es yang harus kami hancurkan, terlebih sampai 2030 mendatang kasus HIV/AIDS secara nasional bahkan dunia sudah harus teratasi,” lanjutnya. 

Untuk itu, dirinya mengharapkan dukungan yang padu dengan lembaga-lembaga terkait, termasuk teman-teman LSM maupun masyarakat dalam mendukung program KPA, salah satunya dengan mendorong warga yang memiliki perilaku berisiko untuk melakukan tes HIV. 

Kemenag Kota Cirebon, dalam hal ini, tentunya mendukung penanggulangan AIDS di Kita Cirebon, melalui berbagai kesempatan, salah satunya bimbingan perkawinan (bimwin). 

Eha Nurhayati, salah satu utusan Kemenag Kota Cirebon yang turut hadir pada seremoni menyebut bahwa bimwin rutin dilaksanakan setiap bulannya. Pada kegiatan ini dihadirkan pula narasumber-narasumber yang kompeten dalam memberikan berbagai pengetahuan, seperti agama, kesehatan, dan termasuk AIDS. 

"Pada bimwin juga disediakan sesi untuk melaksanakan tes HIV/AIDS. Dengan begitu, tujuan menciptakan keluarga yang samawa, sehat, dan kuat insyaallah tercapai," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah