Kemenag Kota Cirebon Hadiri Forum Perangkat Daerah Renstra Kesbangpol

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon yang diwakili oleh utusan dari Subbagian Tata Usaha  menghadiri forum perangkat daerah dalam rangka membahas rencana strategis (renstra) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Cirebon di Jalan KS. Tubun Kota Cirebon (7/12). Renstra ini disusun oleh Bakesbangpol Kota Cirebon untuk periode 2024-2026.

Kepala Bakesbangpol Kota Cirebon Buntoro Tirto menyebut bahwa renstra disusun dengan melibatkan banyak lembaga dalam rangka menyelaraskan program, kegiatan, dan subkegiatan perangkat daerah mengacu pada deskripsi tugas Bakesbangpol. 

"Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah tertuang hal tentang urusan pemerintah yang bersifat absolut dan konkuren. Absolut, misalnya, berkaitan dengan pertahanan, keamanan, agama, yustisi, politik luar negeri, dan moneter serta fiskal.  Dalam hal ini pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional," ucapnya. 

Sedangkan urusan wajib pemerintah di bidang kesbangpol berkenaan dengan ideologi, wawasan kebangsaan, ketahanan sosekbud, ketahanan politik, pembinaan ormas, kerja sama intelijen, dan fasilitasi Forkopimda. 

Sejumlah lembaga pemerintahan dan lembaga organisasi kemasyarakatan turut hadir dalam forum ini, seperti Kodim 0614/Kota Cirebon, BNN Kota Cirebon, KPUD Kota Cirebon, Dinas Pendidikan, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, dan lainnya. 
Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon selaku  mitra strategis Bakesbangpol Kota Cirebon tentunya akan selalu mendukung upaya peningkatan kerukunan melalui bidang kesbangpol. Sebagaimana disampaikan Kepala Subbagian Tata Usaha  H. Slamet usai pelaksanaan kegiatan. 

"Kemenag Kota Cirebon adalah mitra strategis Bakesbangpol dalam menjaga keharmonisan umat di bidang kesbangpol. Terlebih kedua lembaga memiliki kesamaan gerak dan tujuan, utamanya dalam meningkatkan kerukunan umat beragama di Kota Cirebon," ucapnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah