Kemenag Kota Cirebon Gelar Pekan Moderasi Beragama Goes To School, Perdana di SMAN 7 Kota Cirebon

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Awal November ini istimewa. Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, melalui Seksi Bimas Islam, menggelar Pekan Moderasi Beragama Goes To School (PMB GTS). Kegiatan ini digelar dengan menyasar para siswa menengah atas (SMA) di lingkup kerja Kota Cirebon sebagai peserta. Pada edisi perdana, PMB GTS digelar di SMAN 7 Kota Cirebon, di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon (06/10/23). 

Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq selaku penggagas kegiatan mengungkapkan bahwa PMB GTS dilaksanakan untuk menanamkan semangat moderasi pada generasi muda. 

"Siswa-siswi sekolah menengah atas pada beberapa tahun ke depan akan menjadi generasi yang memimpin negeri ini. Oleh karenanya kita bekali pengetahuan dan pemahaman tentang moderasi beragama," ungkapnya. 

Dikatakannya bahwa sebagai calon pemimpin, para siswa pun digembleng menjadi duta moderasi beragama, yang akan menjadi pelopor di tengah-tengah pertemanannya. Apalagi, PMB GTS merupakan bagian dari program kebaikan dan program kemanusiaan yang bertujuan untuk menciptakan Kota Cirebon yang kian rukun dan harmonis. 

"Program ini dilaksanakan sebagai permulaan dari rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama. Pada periode ini, Kementerian Agama memiliki tujuh program prioritas, salah satunya moderasi beragama. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, kita sekaligus menjalankan amanat tersebut dan menjalankan program kebaikan serta program kemanusiaan untuk menciptakan Kota Cirebon yang kian harmonis," ucapnya.

Hal ini disambut gembira oleh Kepala SMAN 7 Kota Cirebon H. Iman Setiawan. Dirinya mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya memiliki 1.100 siswa yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan. 

"Di SMAN 7 terdapat siswa dari berbagai agama, sehingga perkenalan terhadap keragaman dan toleransi menjadi hal yang penting. Sejauh ini kami menerapkan metode pangajaran dengan mengedepankan toleransi. Tentunya kami amat gembira mendapat kehormatan menjadi bagian dari kegiatan ini. Pesan saya kepada para siswa agar mengikuti kegiatan dengan baik. Serap segala ilmu dan wawasan yang dibagikan oleh narasumber untuk dijadikan bekal dalam merawat kerukunan," ucapnya. 

Program PMB GTS dijalankan dalam sepekan yang bekerja sama dengan SMAN 7 Kota Cirebon, SMAN 2 Kota Cirebon, SMAN 4 Kota Cirebon, SMA Advent Cirebon, SMAK Penabur Cirebon, dan SMA Santa Maria Cirebon. Program dijalankan dengan konsep sarasehan bersama penyuluh-penyuluh lintas agama. Para siswa diberikan materi moderasi beragama dalam bentuk audio visual sebagai bahan pemantik untuk didiskusikan. Selanjutnya, para siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan suatu tema, dan menarik kesimpulan bersama. Setelah itu, perwakilan siswa mempresentasikannya, di mana siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi. 

Kontributor : Haji Arif Arofah