Kemenag Kota Cirebon dan IAIN Syekh Nurjati Sepakat Bangun Program Laboratorium Munakahat

SHARE

Kesambi (Humas Kota Cirebon) 

Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon berkerja sama dengan IAIN Syekh Nurjati menghadirkan program laboratorium munakahat.  Seremoni penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di Fakultas Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon dan Rektor IAIN Syekh Nurjati pada Senin (18/9/2023). 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli menyebut bahwa laboratorium yang digagas bersama ini akan memberikan manfaat yang luas bagi kedua belah pihak, dan termasuk masyarakat umum. 

"Laboratorium munakahat ini digagas untuk memadukan teori dengan praktik. KUA yang  terbiasa dengan hal-hal praktis mengacu pada regulasi, namun tidak dibarengi dengan inovasi dalam kerangka akademik. Melalui kerja sama ini, inovasi-inovasi yang lahir dari pihak kampus dapat mengimbangi eksistensi KUA," ucapnya. 

Saefuddin menyampaikan optimismenya laboratorium dapat dimaksimalkan sebaik mungkin. Terlebih, kerja sama ini merupakan kali keempat dilaksanakan antara kedua lembaga tersebut pada tahun ini. 

"Sebelumnya kami telah melaksanakan kerja sama di bidang manasik haji, lalu Festival multikultural, dan kini Pilot Project Keluarga Sakinah, sekaligus Laboratorium Munakahat. Melalui kerja sama ini diharapkan lahir berbagai terobosan yang dapat dijadikan contoh oleh KUA lain," tambahnya. 

Hal senada disampaikan Rektor IAIN Syekh Nurjati H. Aan Jaelani. Disampaikannya asa agar kerja sama yang dihadirkan memberi manfaat secara berkelanjutan bagi ilmu pengetahuan. 

"Alhamdulillah, kerja sama antar dua lembaga dapat terus dilaksanakan, dan semoga bermanfaat secara berkelanjutan di bidang keilmuan," ucapnya. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan pelaksanaan pernikahan perdana di laboratorium munakahat. Aan Jaelani bertindak selaku wali dari pernikahan pasangan pengantin Muhammad Rukniansyah-Khofifah Amalia, dan Saefuddin Jazuli bertindak sebagai saksi. Akad dihadiri olah ratusan pengunjung dari keluarga pengantin dan para mahasiswa yang tampak antusias mengamati jalannya seremoni. 

Kontributor : Haji Arif Arofah