Kecamatan Pekalipan Raih Juara Umum MTQ ke-55 Kota Cirebon

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon)

Kecamatan Harjamukti, yang menjadi juara umum MTQ ke-54 Kota Cirebon, harus merelakan piala bergilir juara umum berpindah tangan kepada Kecamatan Pekalipan. Pasalnya, kecamatan dengan luas wilayah terkecil di Kota Cirebon ini dinobatkan sebagai juara umum MTQ ke-55 Kota Cirebon. Ini terjadi semenjak Rizki Riyadu Taufiq selaku koordinator dewan hakim mengumumkannya pada penutupan MTQ ke-55 Kota Cirebon di Lapangan Kebon Pelok, Harjamukti, pada Sabtu malam (9/9/2023).

Sorak sorai kafilah Kecamatan Harjamukti seketika bergemuruh. Capaian ini diperoleh dengan skor 42, berkat konsistensi Kecamatan Pekalipan bertengger di tiga besar di hampir seluruh cabang dan golongan lomba. Hanya 3 dari 16 cabang/golongan yang luput dari genggaman Pekalipan.
Atas capaian ini, Rizki yang juga merupakan kepala Seksi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengucapkan selamat. Dirinya sekaligus mengingatkan agar target juara pada jenjang yang lebih tinggi bisa tergapai.

"Saya ucapkan kepada para pemenang, dan kepada Kecamatan Pekalipan yang menjadi juara. Mulai saat ini, perjuangan kian nyata. Kita targetkan Kota Cirebon dapat mendulang kesuksesan pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat edisi mendatang," ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Cirebon H. Agus Mulyadi usai menyerahkan piala bergilir kepada Kecamatan Pekalipan. Disampaikannya bahwa proses terbaik mesti dilakukan demi mencapai hasil terbaik.

"Proses terbaik membuahkan hasil terbaik. Diharapkan apa yang dilakukan LPTQ Kota Cirebon tidak berhenti sampai di sini tapi terus melakukan pembinaan agar kita dapat masuk ke dalam seleksi MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. Tak hanya itu, kita pun kejar target kemenangan di ajang STQH," ucapnya.

Agus menyampaikan optimismenya hal tersebut dapat terwujud. Terlebih jika melihat antusiasme masyarakat yang menghadiri seremoni pembukaan dan penutupan MTQ.

"Ghiroh atau semangat masyarakat Kota Cirebon terhadap MTQ demikian besar. Terbukti dengan riuhnya respons masyarakat terhadap acara ini, dan saat daftar para pemenang dibacakan," ucapnya, seraya memberi apresiasi kepada dewan hakim dan seluruh pihak yang  bekerja keras memastikan kegiatan berlangsung meriah.

Berikut ini daftar perolehan Kecamatan Pekalipan pada MTQ ke-55 Kota Cirebon :

  1. Cabang tilawah golongan anak putra: juara 2;
  2. Cabang tilawah golongan anak putri:  juara 2;
  3. Cabang tilawah golongan remaja putra:  juara 1;
  4. Cabang tilawah golongan remaja putri: juara 2;
  5. Cabang tilawah golongan dewasa putra: juara 1;
  6. Cabang tilawah golongan dewasa putri: juara 1;
  7. Golongan murottal putra: -
  8. Golongan murottal putri: juara 2;
  9. Cabang tahfidz golongan 1 juz tilawah putra: juara 1;
  10. Cabang tahfidz golongan 1 juz tilawah putri: -
  11. Cabang tahfidz golongan 5 juz tilawah putra: juara 3;
  12. Cabang tahfidz golongan 5 juz tilawah putri: juara 2;
  13. Cabang syarhil Quran putra: juara 2;
  14. Cabang syarhil Quran putri: -
  15. Cabang fahmil Quran putra: juara 1;
  16. Cabang fahmil Quran putri: juara 3.

Kontributor : H. Arif Arofah