Kakankemenag Kota Cirebon Berikan Pesan Damai dan Kepedulian dalam Khutbah Jumat

SHARE

(Jalan Siliwangi, HUMAS Kota Cirebon)


Khutbah Jumat di Mesjid Al Kautsar Balai Kota Cirebon, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H. Saefuddin Jazuli menekankan pentingnya istiqomah dalam beragama sebagai kunci menuju kemenangan dunia dan akhirat. Jumat (27/10/2023).


Pesan utama yang disampaikan adalah tentang pentingnya menjaga konsistensi dalam menjalani ajaran agama. Ia mengingatkan jamaah tentang betapa pentingnya istiqomah dalam beribadah dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai agama. "Istiqomah adalah kunci keberhasilan kita dalam mencapai kemenangan di dunia dan akhirat. Dengan istiqomah, kita bisa menghadapi berbagai cobaan hidup dengan tegar dan berusaha untuk meraih kebahagiaan sejati," katanya.


Selain itu, H. Sefuddin Jazuli juga menyampaikan pentingnya mendoakan perdamaian dunia, khususnya dalam konteks konflik antara Palestina dan Israel. Setelah menjadi imam shalat Jumat, Ia melanjutkan dengan Qunut Nazilah, mendoakan agar perseteruan antara Palestina dan Israel segera berakhir, sehingga perdamaian dunia bisa tercapai. "Kita harus selalu berdoa untuk perdamaian dunia, dan kita berharap agar konflik yang telah berkecamuk begitu lama ini dapat segera berakhir," ungkapnya.


Setelah menjadi imam, Ia juga mengajak jamaah untuk melaksanakan shalat ghoib bersama sesuai dengan himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama, Badan Kemakmuran Masjid (BKM), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon. Shalat ghoib ini diadakan sebagai wujud kepedulian dan doa bagi para syuhada yang gugur dalam perseteruan Palestina-Israel.


H. Sefuddin Jazuli, berpesan agar kita semua terus menjaga istiqomah dalam beragama, berdoa untuk perdamaian dunia, dan mendoakan para syuhada demi tercapainya kedamaian yang kita semua harapkan. Ia menegaskan bahwa keberagamaan sejati adalah yang mengajarkan kasih, damai, dan kepedulian terhadap sesama. Dengan pesan-pesan damai ini, Ia berharap dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat khususnya Kota Cirebon.


"Mari kita berupaya untuk terus merawat dan menjaga keimanan kita dari hal-hal yang merusak dan memutuskannya. Kita konsisten dalam taat kepada Allah. Ketaatan kepada Allah adalah cahaya di alam kubur, penyelamat di atas jembatan shirath di hari kemudian dan keberuntungan di hari kebangkitan. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung yang selalu konsisten dalam ketaatan demi kebaikan dan kesalehan dunia dan akhirat," Pungkasnya.

Kontributor : Riani K