Jelang Tahun Politik, Kemenag Kota Cirebon dan Perangkat Daerah Tingkatkan Kolaborasi

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Pada tahun politik, biasanya kehidupan bersosial masyarakat cenderung memanas. Gesekan horizontal dapat saja terjadi kapan saja. Kendati demikian, hal tersebut dapat diredam dengan ikhtiar bersama merawat kerukunan dan mengedepankan semangat kebangsaan. 

"Semangat berkebangsaan merupakan semangat yang menjadi fokus perhatian kita bersama. Hal ini dapat kita rawat bersama-sama dengan cara berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menciptakan suasana kondusif di tengah kehidupan berkebangsaan," ucap Kepala Bakesbangpol Kota Cirebon Buntoro Tirto. 

Hal tersebut disampaikannya dalam forum perangkat daerah guna membahas rencana strategis (renstra) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Cirebon di Jalan KS. Tubun Kota Cirebon (7/12). Sejumlah perangkat daerah dan organisasi kemasyarakatan hadir, di antaranya Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Kodim 0614/Kota Cirebon, BNN Kota Cirebon, KPUD Kota Cirebon, Dinas Pendidikan, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, dan lainnya. 

Utusan dari KPUD Kota Cirebon menyebut bahwa langkah merawat kerukunan di tahun politik dilakukan pihaknya dengan cara meningkatkan wawasan kebangsaan bagi para calon panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) diawali dari kegiatan pembinaan dan seleksi. 

Sementara utusan Kemenag Kota Cirebon menyampaikan komitmen bahu membahu bersama pihak terkait dalam  merawat kebangsaan dengan meningkatkan kerukunan umat beragama. 

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam forum, di antaranya upaya meningkatkan kerukunan umat beragama dengan target nol kasus konflik umat beragama, meningkatkan rasa nasionalisme dan kewaspadaan nasional dengan target nol kasus konflik kebangsaan dan nasionalisme, serta meningkatnya dukungan penyelenggaraan layanan administrasi pemerintahan dengan target persentase 95 persen penyelenggaraan layanan. 

Kontributor : Haji Arif Arofah