Jelang MTQ 55 Kota Cirebon, Dewan Hakim Jalani Orientasi Pembekalan

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon)

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-55 Kota Cirebon akan digelar secara resmi pada Jumat malam (8/9/2023). Guna memastikan kelancaran kegiatan, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon bersama Pemerintah Kota Cirebon menggelar Orientasi Dewan Hakim di aula Kankemenag Kota Cirebon pada Kamis (7/9/2023). 

Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kota Cirebon H. Rokila mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk memberikan informasi-informasi teknis kepada dewan hakim. Informasi ini akan berguna dalam memastikan kelancaran pelaksanaan lomba. 

"Dalam orientasi ini disampaikan informasi-informasi teknis untuk memastikan kelancaran lomba. Juga digelar rapat bersama untuk menentukan kriteria-kriteria apa saja yang akan diterapkan pada perlombaan," ucapnya. 

Kriteria yang ditetapkan secara mufakat ini wajib diketahui dan dipatuhi oleh seluruh dewan hakim sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan. Dengan ditetapkannya kriteria, dewan hakim dapat memberikan penilaian dengan seobyektif mungkin. Ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Rizki Riyadu Taufiq. 

“Insyaallah kita akan menggelar MTQ ke-55 Kota Cirebon mulai Jumat malam. Hari ini, Kamis, kita tetapkan bersama kriteria-kriteria lomba. Dengan ditetapkannya kriteria ini, kita dapat memberikan penilaian secara obyektif berdasarkan kapasitas dan kompetensi dari masing-masing dewan hakim,” ucapnya.

Rizki mengatakan bahwa MTQ tahun ini dihelat di lokasi berbeda dari sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya digelar di Attaqwa Center, kini digelar di Lapangan Kebon Pelok, Kecamatan Harjamukti. 

"Pelaksanaan MTQ tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya rutin digelar di Attaqwa Center atas pertimbangan masih dalam pemulihan pandemi Covid, kali ini di lapangan Kebon Pelok, Kecamatan Harjamukti. Kita harapkan, pemindahan lokasi ini dapat menumbuhkan animo masyarakat dalam meramaikan syiar Islam ini," pungkasnya.

Kontributor : Zidan, Adi, Bagus