Ikut Balik Lebaran Gratis, Wong Kota Cirebon Bilang Inovatif

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon) 

Wong Kota Cirebon antusias mengikuti program Balik Lebaran Gratis bersama Kemenag. Program ini dilaksanakan di berbagai kota/kabupaten Jawa Barat dengan tujuan Bandung dan atau Jakarta.  M. Drais Sidik, salah satu Wong Cerbon yang mengikuti program dari titik keberangkatan Kota Cirebon tujuan Jakarta mengungkapkan suka citanya, dan menyebut program ini sebagai langkah inovatif dari Kemenag. 

"Ini termasuk inovasi nih dari Kemenag. Baru pertama kali saya lihat ada program balik Lebaran gratis. Kalau biasanya program mudik gratis dan tujuannya Jawa Tengah dan Jawa Timur, kali ini dari Cirebon tujuan Jakarta," ungkapnya pada momen keberangkatan rombongan balik Lebaran di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon pada Senin (15/4/2024) pukul 09.00 WIB. Dirinya mengaku kerap mengikuti program mudik Lebaran, namun baru pertama kali mengikuti program balik Lebaran. 

Sementara itu, Fira, warga Kota Cirebon yang kuliah di Jakarta, mengaku bahwa dirinya baru pertama kali mengikuti program sejenis, baik mudik maupun balik Lebaran. "Ini pengalaman pertamaku ikut program. Rasanya seneng banget karena selain memangkas biaya sebagai mahasiswa perantau, juga aku baru kali ini merasakan mudik atau balik bareng-bareng dalam suasana Lebaran," tambahnya. 

Adapun Sandi Pamuji ikut program sambil membawa istri dan kedua anaknya. Sosok yang bertugas sebagai tenaga pengajar di SMK tersebut mengungkapkan apresiasinya bahwa program memudahkan keluarganya untuk kembali ke Jakarta. 

"(Program) ini bagus banget ya,  karena memudahkan warga dan kita untuk kembali ke Jakarta. Harapannya tetap dilanjutkan untuk tahun-tahun selanjutnya," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengatakan bahwa program balik Lebaran gratis dilaksanakan sebagai wujud bakti Kemenag untuk semakin dekat dalam memberikan pelayanan umat.

"Program ini dilaksanakan sebagai wujud bakti Kementerian Agama untuk semakin dekat dengan umat. Kami mohon maaf apabila dalam memberikan pelayanan belum sepenuhnya sempurna. Kami menerima masukan dan saran, agar dapat bersama-sama menjadikan Kementerian Agama, khususnya Kantor Kemenag Kota Cirebon, semakin baik dalam memberikan layanan," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah