Gong Ditabuh, MTQ ke-55 Tingkat Kota Cirebon Resmi Digelar

SHARE

Harjamukti (HUMAS Kota Cirebon) 

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-55 Tingkat Kota Cirebon resmi digelar seiring ditabuhnya gong oleh Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati. Penabuhan gong dilaksanakan di Lapangan Kebon Pelok, Kecamatan Harjamukti, pada Jumat malam (8/9/2023). 

Di hadapan ratusan hadirin, Eti mengaku gembira atas pelaksanaan MTQ tahun ini dapat digelar kembali secara bergilir. 

"Dua tahun lamanya kita menunda gelaran MTQ secara bergilir. Karena pandemi kemarin membuat kita terpaksa menggelar MTQ secara terbatas di tempat dengan pengelolaan prokes yang ketat. Alhamdulillah, tahun ini kita dapat mengelarnya di wilayah Kecamatan Harjamukti," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Saefuddin Jazuli. Dirinya mengaku takjub melihat begitu besarnya antusiasme masyarakat Harjamukti menghadiri seremoni pembukaan MTQ ini. Seluruh kursi terisi penuh, bahkan sebagian rela duduk lesehan di atas rerumputan. 

"Saya merasa bersyukur  sekali melihat antusiasme hadirin sekalian berkumpul di forum yang mulia ini. Insyaallah ini merupakan bukti bahwa kita adalah generasi-generasi yang mencintai Al-Qur'an," ucapnya. 

MTQ ke-55 Tingkat Kota Cirebon dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 8-9 September 2023. Ada empat cabang yang dilombakan pada kompetisi ini, yakni cabang tilawatil quran, cabang musabaqoh hifdzil quran (MHQ), cabang musabaqoh fahmil quran (MFQ), dan cabang musabaqoh syarhil quran (MSQ). 

Asisten Daerah Sutikno mengatakan bahwa 
MTQ digelar dalam rangka mendapatkan potensi-potensi terbaik bagi perlombaan MTQ tingkat provinsi. Para peserta dipersilahkan untuk menunjukkan kebolehannya dan menjadi peserta terbaik pada kompetisi ini. 

Kendati demikian, baik Eti maupun Saefuddin sama menyampaikan agar peserta tidak semata mengejar prestasi melainkan pula pengalaman dan pengamalan isi Al-Qur'an. Pada momentum ini pun Saefuddin menyampaikan asanya agar tergapai cita-cita baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. 

"Kita berkumpul di sini dengan satu tujuan untuk syiar Qur'ani. Kita semua bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan MTQ yang semakin baik dari tahun ke tahun. Kebersamaan ini harus terus dilanjutkan agar negeri baldatun thoyyibatun warobbun gofur, sebagaimana disampaikan dalam mars MTQ, bisa tercapai," pungkasnya. 

Kontributor : H. Arif Arofah