FKUB Kota Cirebon Gelar Literasi Moderasi Beragama bagi Siswa SLTA

SHARE

Kesambi (HUMAS Kota Cirebon)

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cirebon menggelar Seminar Literasi Beragama bagi Siswa SMA/SMK/MA Kota Cirebon di aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon (7/9/2023). Kegiatan yang dihelat dengan tema “Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Kota Cirebon” ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari siswa SMA, SMK, dan MA yang berada di lingkup kerja Kota Cirebon

Ketua FKUB Kiai Abdul Hamid mengatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya secara rutin mengelar program moderasi beragama dengan menyasar berbagai kalangan. 

“FKUB Kota Cirebon rutin menyelenggarakan program moderasi beragama. Sebelumnya kami melaksanakan kegiatan dengan mengundang  kalangan pemuka agama, kalangan pemilik hotel, para pengusaha, dan lainnya. Kali ini, kami mengundang siswa sekolah menengah atas atau sederajat. Acara ini untuk pertama kalinya kami adakan bagi siswa SMA," ucapnya. 

Abdul Hamid menambahkan bahwa tentang toleransi yang merupakan bagian dari sikap moderasi beragama hakikatnya sikap  menghormati antar sesama umat beragama dan umat seagama. “Sederhananya, kita saling menghormati dan tidak meributkan perbedaan cara pandangnya, dan memiliki tujuan bersama untuk memelihara kerukunan," ucapnya. 

Pada kesempatan ini, Kepala Seksi Bimas Islam Muhammad Rizki Riyadu Taufik menjadi salah satu pemateri pada kegiatan. Disampaikannya alasan mengapa ikhtiar menjaga kerukunan itu penting dilakukan oleh semua kalangan, termasuk kalangan pelajar. 

"Kerukunan penting kita rawat bersama, oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan usia remaja. Di masa muda inilah kita tanamkan sejak dini betapa berharganya nilai-nilai kerukunan dalam menjaga keutuhan bangsa," ucapnya.

Kontributor : Zidane, Adi, Bagus

Editor : H. Arif Arofah