Alhamdulillah, 28 Pasangan di Kota Cirebon Jalani Isbat Nikah

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Isbat nikah merupakan pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi belum tercatat oleh kantor urusan agama (KUA) atau petugas pencatat nikah (PPN) yang berwenang. Padahal pencatatan nikah memiliki manfaat dalam memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi suami maupun istri. 
Berkenaan dengan ini, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon bersama Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan kolaborasi isbat nikah dan nikah massal di Kecamatan Harjamukti (29/11).  

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati yang mengunjungi lokasi kegiatan di Andalus City mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi warga Kota Cirebon yang telah menikah secara agama namun belum tercatat secara negara. 

"Penyelanggaraan sidang isbat nikah dan nikah massal ini dilakukan karena tidak sedikit pasangan suami istri (pasutri) yang baru menikah secara agama dan belum tercatat oleh negara, terutama warga di wilayah selatan Kota Cirebon," ucapnya. 

Eti mengungkapkan kegembiraannya tatkala menyaksikan sebanyak 28 pasangan pengantin mengikuti program ini. 

"Alhamdulillah ada 28 pasangan pengantin.  Rencana awal kita targetkan 50 pasangan,  yang hadir hari ini sebanyak 28 pasangan. Semoga tahun depan bertambah, bila perlu anggarannya masuk dalam Musrenbang," ungkapnya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli, yang turut menyaksikan jalannya kegiatan, mengatakan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon  mengerahkan tiga penghulu PNS untuk memimpin proses pernikahan di kegiatan ini. 

"Pada kegiatan ini, kita mengerahkan tiga orang penghulu PNS untuk melaksanakan tugas kepenghuluan di kegiatan ini," ucap Saefuddin. 

Dirinya pun menyebutkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan. 

"Dan tentunya kita mendukung penuh kegiatan mengingat pelayanan pemerintah di bidang keagamaan, dalam konteks saat ini pernikahan, merupakan komitmen layanan yang kami siap laksanakan," tambahnya.

Kontributor : Haji Arif Arofah