68 Siswa MA/SMA Jalani KSM Tingkat Kota Cirebon

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Cirebon kembali digelar pada tahun ini. Ratusan siswa yang menuntut ilmu di madrasah dan sekolah Kota Cirebon siap beradu pengetahuan di bidang sains terintegrasi. Kompetisi dikonsentrasikan di MAN 1 Kota Cirebon dalam kurun tiga hari ke depan.

Pada hari ini (8/7/2023), sebanyak 68 siswa madrasah aliyah (MA) dan sekolah menengah atas (SMA) bertanding di bidang Matematika Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Jajang Badruzzaman mengatakan bahwa kompetisi ini dilaksanakan guna menyaring unggulan-unggulan terbaik di bidang akademik, terutama berkenaan dengan bidang studi yang diperlombakan. Mengingat KSM diperlombakan dengan semangat madrasah mandiri berprestasi, soal-soal yang dihadirkan terintegrasi dengan muatan keagamaan Islam. 

"KSM dilaksanakan dengan mengusung semangat sains sekaligus semangat keagamaan. Sesuai arahan Plh. Kepala Kanwil saat pembukaan kemarin, KSM diitikadkan untuk melahirkan melahirkan saintis-saintis muslim baru, seperti halnya Al-Farabi dan Al-Khawarizmi. Sebab, madrasah menerapkan pendidikan dan pengajaran berbasis ilmu pengetahuan dan ilmu agama," ungkapnya. 

Guna memastikan kegiatan berjalan lancar, Plh. Kepala Kankemenag Kota Cirebon H. Slamet menyambangi lokasi kompetisi. Dirinya mengungkapkan syukur pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar. 

"Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak, dilaksanakan secara daring. Oleh karenanya, kesiapan sarana prasarana berkenaan dengan komputer dan jaringan internet menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Alhamdulillah pelaksanaan KSM di hari pertama ini berjalan dengan lancar," ucapnya. 

KSM dilaksanakan secara bertingkat. Para peserta KSM yang mengikuti kompetisi hari ini merupakan utusan terbaik dari madrasah dan sekolahnya masing-masing. Pemenang dari KSM pada tingkat ini akan diikutkan pada KSM tingkat provinsi. 

KSM tingkat Kota Cirebon diikuti oleh siswa dari seluruh madrasah di Kota Cirebon, dan sejumlah siswa dari sekolah menengah atas Kota Cirebon. 

Kontributor : Haji Arif Arofah