Usai Idulfitri, Kemenag Kota Cirebon Gelar Halal Bihalal

--

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Kementerian Agama Kota Cirebon beroperasi normal pada hari pertama usai cuti bersama Idulfitri. Senin, (5/9).

Seluruh ASN mengikuti halal bihalal di Aula Kantor. Kegiatan yang mempunyai makna saling bermaafan ini sudah menjadi tradisi yang selalu melekat setelah perayaan Hari Raya Idulfitri.

“Tradisi halal bihalal bukan berasal dari Arab, melainkan Indonesia. Hanya masyarakat Indonesia yang melakukan tradisi halal bihalal di setiap Idulfitri. Bukan hanya bermaaf-maafan, tradisi ini mempunyai berbagai manfaat kebaikan bagi siapapun yang mengerjakan,” terang H. Moh. Ahsan dalam sambutannya selaku Kepala Kemenag Kota Cirebon.

Selain itu, Moh Ahsan mengatakan ada tiga makna halal bihalal, yakni mengurai yang kusut, menghangatkan yang dingin serta mencairkan yang beku. “Artinya, Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi serta merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk saling memaafkan dan terbebas dari kesalahan dan dosa yang diperbuat sebelumnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Kasubag TU, para Kepala Seksi dan Penyelanggara secara bergantian mengucapkan permohonan maaf diiringi ucapan syukur dapat berkumpul kembali dalam keadaan sehat dan siap kembali  melaksanakan tugas dan fungsi serta memberikan manfaat untuk umat.

Acara diakhiri dengan ramah tamah sehingga menambah suasana dan kekeluargaan semakin terasa hangat.

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengucapkan : “Minal Aidzin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

Kontributor : Riani K