Undang Praktisi Kesehatan, DWP Kemenag Kota Cirebon Waspada Kanker

SHARE

Jl. Terusan Pemuda By-Pass (INMAS Kota Cirebon)

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menggelar pertemuan rutin di aula atas Kankemenag Kota Cirebon (13/2). Kesempatan ini diisi oleh DWP Kankemenag Kota Cirebon untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker, dengan menghadirkan dua praktisi kesehatan.

Ika Wahyuni, praktisi dari Easy Skincare & Cancercare, menjelaskan bahwa ada 3 jenis wanita yang beresiko terkena kanker leher rahim (serviks), yakni (1) wanita yang sering berganti pasangan; (2) wanita yang melakukan seks bebas atau seks di bawah usia 16 tahun; dan (3) wanita yang tidak pernah menjaga kebersihan alat kelaminnya alias jorok.

Kanker dapat menyerang kepada siapa saja, dan menyerang anggota tubuh mana saja, termasuk menyerang ovarium dan endeometrium. Karenanya Ika meminta para anggota DWP Kankemenag Kota Cirebon yang memenuhi aula untuk tetap selalu waspada terhadap kanker dengan mengenali gejala-gejalanya.

Gejala dimaksud, misalnya terkait gejala kanker serviks, antara lain : (1) terjadinya keputihan yang terus menerus; (2) keluar cairan yang kecoklatan atau bercampur dengan darah seusai berhubungan; dan (3) iritasi di sekitar alat kelamin.

Namun secara prinsip, kanker dapat dihindari dengan mengubah pola makan, pola pikir, dan pola menjaga kebersihan demi menciptakan tubuh dan pikiran yang sehat.

Pertemuan DWP Kankemenag Kota Cirebon kali ini spesial lantaran menjadi pertemuan perdana di tahun 2019 bagi kepengurusan baru. Hj. Dian Sartika selaku Ketua DWP Kankemenag Kota Cirebon mengucapkan kalam perkenalan kepada seluruh anggota yang hadir teriring semangatnya dalam mengusung sejumlah program guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan para anggota di bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.

 

Kontributor : Haji Arif Arofah