Tausiyah Kepala Kemenag Kota Cirebon : Ibadah Atas Dasar Cinta

--

Rabu (06/04/2022) menjadi hari keempat pada Ramadan 1443 hijriyah. Bulan puasa di tahun 2022 ini disambut suka cita oleh muslimin Indonesia, tak terkecuali muslim di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Beragam aktivitas yang mendulang pahala dan mengajak kebaikan digelar, baik secara individu maupun kelompok. Salah satunya tadarus dan tausiyah yang dilaksanakan di musala kantor pada pagi hari sebelum beraktivitas kerja.

Pada tausiyah kali ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag. menyebutkan betapa nikmatnya beribadah kepala Allah SWT jika dilandasi cinta kepada-Nya. Rasa nikmat ini bisa dirasakan oleh siapa saja, utamanya dirasakan oleh muslim yang masuk dalam golongan “Love Motivation”.

“Ada tiga golongan manusia yang beribadah kepada Allah. Pertama golongan yang beribadah kepada Allah SWT karena takut akan murka-Nya (fear motivation), kedua golongan yang beribadah karena mengharap rahmat (reward motivation), dan ketiga beribadah kepada Allah SWT atas dasar cinta (love motivation),” ucap Moh. Ahsan.

Dikatakan bahwa fear motivation memiliki kecenderungan beribadah secara tidak tenang, menganggap minimnya kebaikan, dan banyaknya keburukan. Sementara reward motivation memiliki kecenderungan beribadah untuk menjadi panutan dan menjadi orang yang paling murah hati dalam urusan dunia.

Sedangkan love motivation memiliki kecenderungan untuk beribadah tanpa syarat. Ia hanya bertendensi untuk mencurahkan kecintaannya tanpa merisaukan sejauhmana cinta ini akan mendapatkan feedback. Dalam segala hal, ia selalu bersama Tuhannya, baik saat melaksanakan perintah-Nya maupun saat menjauhi larangan-Nya.

Subhanallah. Semoga kita semua menjadi bagian dari golongan Love Motivation.

Kontributor : Haji Arif Arofah