Sambut Kepulangan Jamaah Haji, Kemenag Kota Cirebon Adakan Rakor

--

Sunyaragi (Humas Kota Cirebon)

Guna mempersiapkan pemulangan jamaah haji kloter 38 JKS Kota Cirebon yang direncanakan akan tiba ditanah air pada Selasa, 9 Agustus 2022 mendatang, Kementerian Agama Kota Cirebon melalui Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Ibadah Haji (PPIH) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemulangan Jamaah Haji di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Senin (25/07/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Pemerintah Kota Cirebon, Korem Kota Cirebon, Polres Kota Cirebon, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, KBIH dan Dinas terkait lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H. Moh Ahsan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras saat pemberangkatan beberapa waktu lalu.

Ia berharap saat pemulangan nanti semangat seluruh pihak tetap tinggi sehingga Jemaah dapat pulang ke rumah masing-masing dengan nyaman.

“Rapat ini juga bertujuan untuk membuat keputusan terkait teknis kepulangan jamaah. Seluruh panitia bersepakat untuk tidak mempersulit secra teknis. Kita akan membuat langkah-langkah yang memudahkan dan membuat ringkas aktivitas jamaah sehingga jamaah dapat pulang dengan cepat,” ucap Moh. Ahsan.

Pada Kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kota Cirebon, Drs. Sutisna M.Si mengungkapkan bahwa pertemuan ini sangat penting sebagai evaluasi kegiatan pemberangkatan haji agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terutama mengenai pandemi covid yang kembali meningkat.

“Kita harus pastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat, mengingat angka covid kembali meningkat. Semoga tidak ada Jemaah yang positif. Seandainyapun ada, kita harus sigap menentukan langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran virus Covid-19 saat fase pemulangan,”jelasnya.

Jemaah haji akan diperkirakan sampai di Bandara Soetta pada Selasa, 9 Agustus 2022 Pukul 00.50 WIB dan sampai di debarkasi Bekasi pukul 03.55 WIB. Disana akan dilakukan serah terima jamaah dari PPIH Provinsi ke PPIH Kota Cirebon.  Sebelum pemulangan ke Kota Cirebon, Jamaah akan lebih dulu di Swab Antigen untuk memastikan kesehatannya. Selain itu juga akan di bagikan air zamzam sebanyak lima liter per jamaah.

Untuk Koper akan dibawa oleh Kontainer dan diberangkatkan lebih dulu ke Kota Cirebon sehingga bisa diambil oleh pihak keluarga.

 

Kontributor : Riani K