ASN Kemenag Kota Cirebon Meriahkan Upacara HAB ke-77 dengan Pakaian Adat

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Pelaksanaan upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 pada tahun ini terasa istimewa. Pasalnya, para peserta upacara yang berasal dari unsur aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon dan tamu undangan kompak mengenakan pakaian adat Nusantara. 

Ini tampak pada momen upacara HAB ke-77 tingkat Kota Cirebon yang dilangsungkan di lapangan Balai Kota Cirebon pada Selasa pagi (3/1/23). Sebagian besar peserta upacara tampak mengenakan pakaian adat Cirebon di mana beskap dipadupadankan dengan batik motif Kasepuhan atau motif Kanoman. Demikian halnya pakaian pangsi dan iket yang merupakan pakaian adat Sunda. 

Kendati demikian, sejumlah peserta tampak mengenakan pakaian adat dari daerah lain, seperti Bali, Madura, Minangkabau, Lampung, dan Papua. Keanekaragaman pakaian adat ini mendapatkan sambutan positif dari Sekretaris Daerah Kota Cirebon H. Agus Mulyadi yang didapuk sebagai inspektur upacara. 

"Saya mewakili Pemerintah Kota Cirebon mengapresiasi perayaan Hari Amal Bhakti Kemenag tahun ini yang begitu meriah dengan pakaian-pakaian adat yang indah," ucapnya. Lantas Agus pun mendapatkan kehormatan untuk memilih tiga peserta upacara dengan busana adat terbaik, yakni Ujiyanti yang mengenakan pakaian adat Minangkabau, Endang yang mengenakan pakaian adat Lampung, dan Ismail yang mengenakan pakaian adat Papua. 

Atas antusiasme ASN memeriahkan upacara HAB ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya. Dirinya tampak gembira menyaksikan para peserta upacara mengenakan pakaian adat penuh totalitas. 

"Saya selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN, para mitra dan stakeholder, serta semua pihak yang telah menyukseskan upacara HAB-77  tingkat Kota Cirebon. Saya pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta upacara yang menunjukkan totalitasnya dalam memeriahkan HAB secara sangat semarak dengan mengenakan baju adat Nusantara," ucapnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah