Tiga Pesan Penguatan Kakanwil Kemenag Jabar untuk Calhaj Kota Cirebon

SHARE

Kejaksan (HUMAS Kota Cirebon) 

Haji merupakan ibadah yang tergolong berat dan melibatkan fisik, mental, dan kesiapan harta. Ada nilai kegigihan dan perjuangan yang terkandung di dalamnya. Berkenaan dengan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Jabar) H. Ajam Mustajam memberikan tiga pesan penguatan bagi para alon haji (calhaj) Kota Cirebon yang tengah mengikuti Bimbingan Manasik (Bimsik) Haji Massal II di Attaqwa Center, Kota Cirebon (25/4/2024). Ketiga pesan penguatan itu berbunyi sebagai berikut.

"Pesan pertama terkait nawaitu ibadah haji. Bahwa ibadah haji yang kita laksanakan adalah untuk menguatkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi diri kita, bagi keluarga, dan bagi lingkungan," ucapnya

Pesan kedua berkenaan dengan penguatan nilai-nilai kesalehan sosial dalam menyikapi perbedaan. Perbedaan ini dapat berkenaan dengan berbagai hal, seperti kebiasaan, adat istiadat, cara pandang, dan lainnya. Hal ini niscaya terjadi dalam setiap sendi kehidupan. Bahkan tatkala menjalankan ibadah haji pun jemaah haji dihadapkan pada perbedaan dari jemaah haji lainnya. 

"Adapun hal ketiga adalah menguatkan perekonomian di lingkungan sekitar, termasuk dalam mengeluarkan zakat dan sodakoh," lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon H. Moh. Khuailid menyampaikan bahwa para calhaj yang hadir antusias mengikuti rangkaian bimsik. Tak heran jika tempat bimsik selalu penuh oleh kehadiran mereka.

"Alhamdulillah, calon haji Kota Cirebon sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan bimsik. Diawali dengan bimsik massal I, dilanjutkan dengan bimsik di tingkat KUA, dan kini bimsik massal II," ucapnya. 

Ini menjadi suatu bukti bahwa calhaj Kota Cirebon bersemangat untuk melahap pengetahuan yang berkenaan dengan pelaksanaan haji. Kiranya hal ini pun menjadi bekal pengetahuan penting untuk menjalani ibadah haji di Tanah Suci, dan kembali ke Tanah Air sebagai haji yang mabrur. 

Kontributor : Haji Arif Arofah