Peringati HAB ke-77, ASN Kemenag Kota Cirebon Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

SHARE

Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon) 

Puluhan aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon berkumpul sejak pagi di komplek pemakaman Sunan Gunung Jati pada Senin (2/1/23).

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk melaksanakan kegiatan ziarah ke makbaroh Sunan Gunung Jati. 
Kepala Kantor Kementerian  Agama Kota Cirebon Saefuddin Jazuli menyebut bahwa kegiatan ziarah ini berkenaan dengan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia. Sejumlah kegiatan telah dan akan dilaksanakan oleh Kankemenag Kota Cirebon dalam rangkaian peringatan HAB ke-77. 

Saefuddin menyebut bahwa ziarah  ke makam Sunan Gunung Jati dilaksanakan mengingat sang waliyullah merupakan salah satu ulama besar yang peran dan kontribusinya tak terpisahkan dari Kota Cirebon. Kegiatan ziarah ini juga sekaligus untuk menapaktilasi perjalanan sejarah Kota Cirebon yang mulai berkembang sejak dipimpin oleh Sunan Gunung Jati. 

"Sunan Gunung Jati adalah salah satu ulama yang membangun peradaban di Kota Cirebon. Peradaban yang dibangunnya mengedepankan napas keagamaan Islam juga moderasi beragama," ucapnya. 

Moderasi ini terbangun lantaran Cirebon dibangun oleh masyarakat multikultural, sehingga tiap-tiap anggota masyarakat dapat memahami dan memaklumi perbedaan agama, budaya, bahasa, dan warna kulit anggota masyarakat lainnya. Sunan Gunung Jati telah menjadi teladan bagi seluruh warga Kota Cirebon untuk tidak memaksakan kehendak dan tidak memaksakan satu pemikiran kepada anggota masyarakat lainnya. 

Kontributor : Haji Arif Arofah